Wednesday, 15 August 2018
Artikel Pilihan

10 Tanda Anak Bahagia Yang Perlu Diketahui

10 Tanda Anak Bahagia Yang Perlu Diketahui

Kebahagiaan merupakan keinginan setiap orang. Ya, semua orang berhak untuk bahagia begitu juga dengan anak-anak. Bahagia memiliki arti yang relatif sesuai dengan masing-masing orang yang merasakannya. Misalnya pada orang dewasa merasa senang dan bahagia dalam pencapaian prestasi belajar, saat berkumpul dengan keluarga atau orang-orang terdekat, dan lain-lain.

Untuk anak-anak salah satu contoh kebahagiaan yang membuatnya terkesan adalah saat berjuang untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan tetapi sempat gagal sampai suatu saat ia berhasil mendapatkannya atau meraih kemenangan. Keberhasilan dan kemenangan ini identik dengan kebahagiaan.

Kebahagiaan anak adalah kebahagiaan orang tua. Ketika anak bahagia banyak manfaat yang diperoleh, ia akan lebih bersemangat melakukan aktivitas dan pertumbuhannyapun akan lebih baik. Anak yang bahagia akan tumbuh sehat. Bila anak bahagia dan sehat, semua aktivitas dan pekerjaan orang tua akan beres dan lancar. Ada 10 tanda anak bahagia yang perlu diketahui orang tua. Apa sajakah itu ?

  1. Wajah yang berseri. Anak yang bahagia tampak senang dengan wajah yang berseri seri saat bermain baik dengan teman maupun dengan orang tua. Dunia anak adalah dunia bermain, kerena itu sebagai orang tua sebaiknya kita bisa meluangkan waktu untuk bermain dengan anak, membelikan mainan yang bisa dimainkan bersama. Dengan begitu anak akan bahagia.
  2. Murah senyum. Senyuman merupakan tanda rasa bahagia. Bila anak murah senyum bisa jadi dia bahagia. Ketika anak berhasil melakukan sesuatu lalu mendapatkan pujian dari orang tua, ia akan tampak tersenyum bahagia. Sebagai orang tua kita harus memberikan pujian atas usaha anak yang dilakukan meskipun hasilnya tidak maksimal.
  3. Mata yang berbinar. Mata anak yang tampak berbinar menandakan bahwa ia senang dan bahagia. Ketika orang tua menjanjikan anak jalan-jalan saat liburan sekolah ia akan senang dengan mata yang tampak berbinar-binar membayangkan asiknya berlibur. Karena itu jangan sampai mengingkari janji kita itu, karena ia akan selalu mengingatnya.
  4. Riang gembira. Anak yang cukup mendapatkan kasih sayang akan selalu riang gembira. Kasih sayang orang tua kepada anak tentunya dalam batas kewajaran, tidak semua keinginan anak harus kita turuti. Misalnya anak minta dibelikan ponsel meski masih usia balita.
  5. Tertawa lepas. Anak yang bahagia tertawanya lepas. Cobalah bercerita lucuy ang bisa membuatnya terpingkal-pingkal dan tertawa lepas.
  6. Sikap yang ceria. Anak bahagia akan menampakkan wajah yang ceria. Ketika anak mendapat hadiah dari orang tua atau kado dari orang lain dia akan menyambut dengan senang dan sikap yang ceria. Tidak hanya dengan memberi kado saja untuk membuatnya ceria, tetapi dengan bercerita hal yang menarikpun anak akan senang dan membuatnya ceria.
  7. Percaya diri. Anak yang bahagia tidak minder, dia akan merasa yakin dengan kemampuan yang dimilikinya dan akan terus mengeksplorasi semua kemampuan dalam dirinya dengan percaya diri.
  8. Cita-cita tinggi. Anak yang bahagia memiliki cita-cita tinggi dan tidak terbatas. Ia akan begitu antusias dengan harapan-harapannya.
  9. Sikap yang terbuka. Anak yang bahagia tidak akan menyendiri dan menutup diri, suka bersosialisasi, bergaul, berteman dengan banyak orang dan memiliki sifat terbuka. Dia akan merasa aman dan nyaman saat bersama orang lain.
  10. Selalu bersyukur. Dalam situasi dan kondisi apapun anak yang bahagia akan selalu bersyukur. Ia akan mensyukuri kelebihan dan kekurangan yang ada  pada dirinya. Selain itu anak yang bahagia memiliki rasa empati dan simpati kepada orang lain karena sikapnya yang selalu bersyukur.

Nah itulah, 10 tanda anak bahagia yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita sebagai orang tua.

Post Comment