Thursday, 16 August 2018
Lifestyle

10 Manfaat yang Mencengangkan Bagi Kesehatan bila Mengkonsumsi Teh Secara Teratur

18Sudah kita ketahui secara umum bahwa manfaat teh bagi kesehatan sangatlah besar, telah ribuan tahun lalu teh dipopulerkan oleh orang Cina, saat itu fungsi teh dikonsumsi salah satunya untuk pencegahan dari mabuk, ya orang cina memiliki kegemaran meminum minuman keras berupa arak.  Selain hal tersebut teh juga dapat mencegah serangan flu dan bisa juga untuk mengendalikan berat badan.

Saat ini, penelitian ilmiah modern telah memberi kita wawasan yang jauh lebih baik dan lebih lengkap dan gamblang  tentang bagaimana teh meningkatkan kesehatan dan apa manfaatnya bagi tubuh kita.

Macam teh terdiri dari teh putih, hijau, oolong, hitam dan beberapa jenis teh lainnya. Kesemuanya itu mengandung antioksidan, catechin, dan polifenol, yang akan mendatangkandampak positif dalam tubuh kita.

Nah apa saja manfaatnya, simak 10 manfaat teh bagi kesehatan tubuh kita di bawah ini :

1. Teh Hijau menurunkan kadar kolesterol yang cukup ampuh

Teh hijau cukup ampuh untuk membantu menurunkan kolesterol, terutama kolestaerol jahat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan bulan Juni 2011 di American Journal of Clinical Nutrition. Dari sumber disarankan mengkonsumsi lima cangkir per hari akan memberikan hasil yang cukup signifikan.

2. Anti oksidan teh bisa mencegah Kebutaan

Rutinitas minum teh ternyata sangat bermanfaat untuk kelangsungan indera penglihatan anda dengan minum teh secara teratut maka manfaatnya bisa mencegah kebutaan yang disebabkan oleh kekeruhan lensa dalam mata atau yang sering disebut dengan KATARAK, hal ini adalah hasil studi 2001.

3. Bye bye stress dengan minum teh

Kenapa bisa demikian? Kortisol adalah hormon stres yang memberikan kontribusi besar menghasilkan  lemak perut dan penambahan usia kulit yang lebih cepat tua. Satu studi baru-baru ini menyarankan empat cangkir teh per hari bisa membuat kadar kortisol Anda berkurang sehingga stresspun bisa ditekan seminim mungkin dengan mengkonsumsi berturut-turut selama 6 minggu. Dan berita baik lainnya dengan menurunnya kadar kortisol dalam tubuh bisa memperlambat proses penuaan dan wajah anda lebih kelihatan segar dan awet muda.

macam-macam teh4. Anti-inflamasi

Senyawa aktif dalam teh dapat membantu untuk menurunkan tingkat peradangan dan reaksi inflamasi. Menurut Dr Mark Hyman, peradangan terhubung ke hampir setiap penyakit modern, termasuk arthritis, sindrom metabolik, dan depresi. Peradangan ini bisa menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh yang radang, sehingga beberapa cangkir teh dapat membantu Anda mengurangi dan mencegah peradangan berkelanjutan.

Ingin jantung sehat? Sebuah studi 2007 menunjukkan tingkat inflamasi yang dihasilkan lebih rendah bila anda rajin konsumsi teh hijau, hal ini  dapat membantu melindungi diri anda dari serangan penyakit jantung.

5. Meningkatkan daya konsentrasi dan penguatan memori sehingga membantu lebih fokus

Penelitian yang ekstensif telah menunjukkan bahwa kombinasi kafein dan L-Theanine, asam amino alami yang ditemukan dalam teh, meningkatkan  ketajaman reaksi dan memori, juga meningkatkan  konsentrasi sehingga bisa lebih fokus pada hal-hal yang sedang anda kerjakan saat ini.

Jadi ketika anda sedang memerlukan konsentrasi dan fokues yang tinggi seperti menghadapai test/ujian, rapat direksi, ataupun pencarian ide-ide baru ada baiknya anda mengkonsumsi teh sebelum memulai aktivitas tersebut.

6. Anti-alergi

Bagi yang sering memiliki alergi silahkan mengkonsumsi teh secara teratur, sungguh teh ini bermanfaat untuk memperkuat ketahanan  dari serangan alergi. Ya, Anda dapat membuat ramuan teh + madu sehingga Anda untuk membooster kekuatan anti alerginya, yaitu teh dan madu asli.

7. Penurunan risiko stroke

Dewasa ini sering kita dengar bahwa usia stroke yang dahulu diderita oleh orang-orang berusia lanjut, namun sekarang sudah tidak lagi. Usia dibawah 50 tahunpun sudah banyak yang terserang stoke, So minum setidaknya tiga cangkir teh hijau atau hitam per hari dan hasilnya akan mengurangi  21% dalam risiko stroke iskemik, (dari meta-studi tahun 2009). Mulai kebiasaan minum teh Anda sekarang, untuk mulai melindungi diri sebelum stroke menyapa anda.

8. Mengurangi risiko demensia

Alasan lain untuk mengkonsumsi teh salah satunya adalah dengan seiring pertambahnya  usia,  seperti yang diperkirakan ketuaan akan menurunkan risiko demensia dari  sinapsis saraf dan regulasi gula darah. Sebuah studi 2011 juga menemukan bahwa meminum  teh akan meningkatkan pada gelombang theta memori otak dan meningkatkan rentang ingatan.

9. Peningkatan penanda kesehatan secara keseluruhan

Peminum teh cenderung lebih sehat, yang terbukti benar dalam penelitian juga, karena minum teh berkorelasi dengan hasil kesehatan yang lebih baik.

Anda dapat menjaga kesehatan Anda, termasuk kulit Anda dan komposisi tubuh, dengan sesedikitnya mengkonsumsi 2-3 cangkir per hari bebas kalori, dan usahakan minuman bebas gula.

10. Teh adalah kesenangan dan teman rehat yang setia

Kebiasaan tea time pada jutawan-jutawan Inggris pada masa lalu dan juga kebiasaan orang-orang cina, samapai saat inipun masih tetap dilakukan. Dan ini menandakan bahwa aktivitas minum teh adalah suatu hal yang menyenangkan dan menandakan kondisi yang rilex. Namun sayangnya kebiasaan ini bisa dikalahkan dengan rehat meminum kopi yang semakin menggejala di belahan seluruh dunia. Dan tentunya mengkonsumsi kopi jauh sekali dari fungsi untuk mendukung kesehatan dibandingkan mengkonsumsi teh.

Jadi, pergi. Temukan. Dan menikmati secangkir teh untuk menambah kesehatan anda.

Post Comment