Monday, 22 October 2018
Artikel Pilihan

3 Langkah Menjaga Ayam Potong Tetap Segar Dan Berkualitas

3 Langkah Menjaga Ayam Potong Tetap Segar Dan Berkualitas

Daging ayam merupakan alah satu jenis daging yang paling sering diolah para ibu rumah tangga untuk lauk sehari-hari. Harganya terjangkau dan lebih murah jika dibandingkan dengan daging sapi atau ikan. Cara mengolahnyapun mudah dan bisa dimasak menjadi olahan yang bervariasi, dari ayam goreng, soto, semur, kari, baso, nugget dan masih banyak lagi.

Meski demikian jangan sampai sembarangan memilih dan menyimpan daging ayam potong, karena jika salah memilih dan menyimpannya bisa-bisa kita akan mendapatkan ayam dengan kualitas yang tidak bagus. Sayang kan ? Sebelum dan setelah membeli daging ayam potong ada 3 langkah yang perlu dilakukan agar kualitas ayam tetap segar dan fresh. Kita juga bisa menghidangkan masakan daging ayam dengan kualitas rasa dan nilai gizi yang optimal.

Simak 3 langkah berikut ini ya…

  • Pastikan membeli ayam pilihan. Ayam potong yang berasal dari peternakan modern yang bersih dan menerapkan standar pemeliharaan dan perawatan secara baik dan benar pasti kualitasnya baik. Misalnya ayam yang tidak disuntik hormon.
  • Menyimpan dengan benar. Jika setelah membeli ayam tidak langsung dimasak, segeralah simpan di freezer. Caranya : Pisahkan bagian jerohan dengan daging ayam, keringkan daging dengan cara dilap tisue dapur, buang lemaknya, masukkan daging ayam dalam kemasan dengan dibagi-bagi sesuai porsi sekali masak. Dengan cara ini akan menghindari proses pembekuan yang berulang-ulang yang bisa merusak kualitas daging ayam potong. Lalu masukkan ke dalam freezer.
  • Mencairkan ayam beku sebelum dimasak. Caranya dengan menaruh daging ayam dibagian bawah kulkas semalaman ¬†terlebih dahulu sebelum dimasak. Jika tidak punya banyak waktu daging ayam dari freezer bisa direndam dalam air dingin dalam keadaan masih terbungkus plastik. Jangan sampai daging ayam dari freezer langsung kontak dengan air karena bisa terkontaminasi dengan bakteri.

Nah, itulah 3 langkah menjaga ayam potong tetap segar dan berkualitas dengan rasa yang sempurna dan gizi yang optimal.

Post Comment