Monday, 22 October 2018
Artikel Pilihan Health

3 Manfaat Berenang Untuk Anak Prasekolah

3 Manfaat Berenang Untuk Anak Prasekolah

Saat masih bayi sampai usia batita, si kecil sudah suka bermain air kecipik-kecipik dengan tangannya. Jika di usia yang ke-4 tahun si kecil mengikuti les renang, dia sudah bisa mencelupkan kepalanya sampai hitungan kesepuluh dan mulai belajar mengambang di permukaan air.

Usia anak prasekolah merupakan masa golden age,  dimana ada 3 area perkembangan sikecil yang mengalami kemajuan sangat pesat, yaitu fisik motorik, kognitif, dan sosio-emosional. Perkembangan tiga area tersebut bisa dioptimalkan dengan cara memberikan rangsangan atau stimulasi yang tepat, seperti berenang. Dengan berenang akan mampu memberikan stimulus secara menyeluruh untuk ketiga area perkembangan si kecil tersebut.

Yuk, kita simak 3 manfaat berenang untuk anak prasekolah berikut ini :

  • Untuk perkembangan fisik dan motorik. Dengan berenang hampir semua anggota badan dari kepala, tangan, hingga kaki semuanya bergerak. Hal ini bisa memberikan dampak positif untuk pembentukan postur tubuh keseluruhan (kepala, bahu,┬átulang belakang dan kaki) dan juga perkembangan motorik kasar. Postur tubuh menentukan kesehatan anak seiring dengan pertumbuhnnya hingga dewasa nanti. Selain itu dengan berenang juga akan memberikan efek positif untuk daya tahan paru-paru, jantung dan otot-otot tubuh si kecil.
  • Untuk perkembangan kognitif. Aktivitas berenang membutuhkan koordinasi tangan dan kaki juga pernafasan yang dilakukan terus menerus dalam pola tertentu secara bergantian, sehingga bermanfaat untuk mengaktifkan kinerja otak kanan dan otak kiri. Selain itu anak yang mulai belajar renang sejak usia prasekolah memiliki kemampuan kognitif (bahasa dan numerisasi) yang lebih baik jika dibandingkan dengan anak yang tidak belajar berenang.
  • Untuk perkembangan sosio emosional anak. Dengan berenang dapat melatih kemampuan bersosialisasi anak. Saat belajar berenang si kecil akan berinteraksi dengan orang lain. Belajar renang juga melatih daya tahan dan pengendalian diri anak. Misalnya saat sikecil harus berlatih gerakan yang sama berulang kali sebelum beralih ke hal lain, sikecil akan bisa menahan diri untuk melakukan hal lain dengan cara bermain air untuk bersenang-senang.

Nah, itulah manfaat berenang untuk anak prasekolah, semoga bermanfaat.

 

Post Comment