Wednesday, 24 October 2018
Seputar Rumah

4 Cara Agar Rumput Taman Subur Dan Tidak Gundul

4 Cara Agar Rumput Taman Subur Dan Tidak Gundul

Rumput taman akan tumbuh subur jika dirawat dengan penanganan yang tepat. Meski disiram secara rutin terkadang ada rumput  diarea tertentu yang tumbuh tidak sesubur tempat lainnya. Hal ini bisa terjadi karena adanya beberapa sebab yang lain, misalnya kurangnya sinar matahari, aktivitas yang dilakukan pada area taman, serta posisi rumput juga akan mempengaruhi kesuburan rumput.

Nah, agar rumput taman anda subur dan tidak gundul berikut ada 4 cara mengatasinya :

  1. Memilih jenis rumput yang tepat. Ada 2 jenis rumput yang biasa digunakan sebagai hiasan taman, yaitu rumput jepang dan rumput gajah. Rumput jepang berdaun kecil, panjang dan lembut. Sedangkan rumput gajah berdaun besar, lebar, dan agak keras. Rumput gajah biasanya ditanam di tempat umum ataupun di halaman rumah. Rumput gajah yang ditanam di halaman rumah merupakan rumput gajah mini, daunnya berukuran lebih kecil dari rumput gajah biasa dengan ujung yang membulat.
  2. Rumput taman harus terkena sinar matahari. Merawat rumput taman tidak hanya cukup dengan menyiramnya secara rutin, tetapi sinar matahari yang cukup juga sangat mempengaruhi pertumbuhannya menjadi subur, lebat dan tidak gundul atau botak. Rumput taman terlihat tidak subur dan botak karena kurangnya sinar matahari. Bisa saja sinar matahari yang seharusnya mengenai rumput terhalang oleh pohon atau bangunan tinggi yang ada disekitar taman. Rumput taman yang tidak mendapatkan sinar matahari akan tumbuh kurang maksimal, tidak seperti rumput yang terkena sinar matahari yang akan tumbuh subur dan lebat.
  3. Perawatan rutin. Merawat rumput taman tidak ada yang spesifik, sama saja baik rumput jepang ataupun rumput gajah. Sekitar 2 bulan pada awal penanamannya rumput harus disiram secara rutin terus-menerus setiap hari pada malam hari. Jika sudah tumbuh akar yang masuk kedalam tanah, diberi pupuk, disiangi dan disiram secara rutin. Pemupukan dilakukan jika tanaman sudah berusia 2 bulan saat akarnya sudah masuk kedalam tanah dengan sempurna. Perawatan lain yang harus dilakukan adalah pemotongan rumput secara berkala. Untuk rumput jepang pemotongan dilakukan 3 bulan sekali, sedangkan untuk rumput gajah 2 bulan sekali agar regenerasi daun bisa tumbuh dengan sempurna. Dengan pemotongan secara rutin rumput akan terlihat subur, segar dan hijau. Jangan lupa rumput juga selalu disiangi dengan cara mencabut menghilangkan rumput-rumput liar, serangga, semut dan ulat yang mengganggu pertumbuhannya.
  4. Menjaga rumput agar tidak sering terinjak. Rumput yang pertumbuhannya baik tidak mudah rusak jika terinjak,  tetapi jika rumput taman terlalu sering diinjak lama kelamaan akan rusak. Untuk mengatasinya jalan setapak sangat diperlukan di area rumput taman sebagai jalan yang dilewati saat menyiraminya agar tidak merusak rumput.

Itulah artikel tentang 4 cara agar rumput taman subur dan tidak botak untuk anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Wassalam…..

 

Post Comment