Wednesday, 24 October 2018
Food Health Lifestyle

4 Mitos Dan Fakta Makanan Penderita Diabetes

4 Mitos Dan Fakta Makanan Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes mengkonsumsi makanan manis yang berlebihan akan mengganggu kesehatan, karena makanan manis bisa meningkatkan indeks glikemik yang membuat gula darah menjadi naik. Kalau begitu bolehkah penderita diabetes makan makanan manis seperti cokelat? Sebenarnya penderita diabetes boleh makan apa saja, asalkan tidak berlebihan harus sesuai takaran. Tetapi penderita diabetes sebaiknya menghindari gula murni karena akan meningkatkan kadar gula darah.

Penderita  diabetes harus mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan  sesuai ukuran setiap harinya. Selain itu ada 4 mitos dan fakta seputar makanan penderita diabetes yang harus diketahui.

Apa sajakah itu ?

MITOS

1. Makanan yang katanya “bebas gula dan ramah diabetes” baik untuk penderita diabetes.

2. Penderita diabetes tidak boleh makan cokelat atau permen.

3. Penderita diabetes dapat bisa makan gandum tetapi tidak bisa makan nasi.

4. Penderita diabetes tidak bisa makan starch, misalnya mie, kentang, roti dan pasta.

FAKTA

  1. Makanan yang katanya bebas gula dan ramah diabetes ternyata justru mengandung sejumlah gula, kalori dan karbohidrat. Untuk itu harus lebih teliti memeriksa label makanan.
  2. Penderita diabetes bisa makan cokelat atau makan manis lainnya seperti : permen, es krim, dan kue-kue, jika diimbangi dengan olah raga cukup dan diet tepat. Kuncinya dengan makan porsi kecil dan hanya saat ada acara istimewa saja.
  3. Faktanya baik nasi ataupun gandum, sama-sama mengandung karbohidrat 70% dan kadar glikemik yang sama. Keduanya juga bisa meningkatkan kadar gula darah. Karena itu penderita diabetes bisa mengkonsumsi  nasi atau gandum dengan porsi terbatas sesuai takaran.
  4. Starch merupakan bagian dari bahan pangan atau sejenis tepung yang berfungi alami mengawetkan, misalnya mie, kentang, roti, dan pasta. Sama halnya dengan nasi dan gandum, starch bisa dikonsumsi penderita diabetes dengan catatan dengan porsi kecil atau sesuai takaran.

Penting untuk mengetahui mitos dan fakta makanan penderita diabetes, agar penderita diabetes bisa menerapkan pola makan sesuai dengan porsinya untuk hidup yang lebih sehat.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

Amiiin….

Post Comment