Wednesday, 15 August 2018
Lifestyle Seputar Rumah

5 Cara Membuat Ruang Baca Yang Nyaman Di Rumah

5 Cara Membuat Ruang Baca Yang Nyaman Di Rumah

Keinginan untuk membuat ruang baca di rumah minimalis tentunya menjadi persoalan tersendiri. Tetapi bagi yang suka membaca kenginan untuk memiliki ruang baca yang nyaman tetap bisa anda wujudkan di rumah kesayangan meski di rumah minimalis.

Berikut ini ada 5 cara membuat ruang baca yang nyaman di rumah :

  • Buatlah area baca yang mencukupi. Siapkan area baca yang sekiranya mencukupi bisa kursi ataupun karpet. Anda bisa menggeser perabot rumah yang sudah tidak dipakai lagi jika rumah sudah terasa sesak. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan sudut ruangan atau ruang bawah tangga sebagai ruang baca di rumah kesayangan anda. Jika memungkinkan pilihlah area yang jauh dari dapur atau kamar mandi untuk ruang baca anda.
  • Memilih warna ruangan yang sesuai. Kebanyakan orang terutama orang Indonesia lebih menyukai warna-warna earth colour untuk rumahnya, seperti warna cokelat kayu, krem, dan abu-abu muda. Tetapi bukan berarti warna lain tidak bisa dipakai untuk mewarnai ruang baca di rumah. Anda juga bisa menggunakan warna-warna tren masa kini yang lebih berani sesuai dengan keinginan.
  • Memilih furnitur yang diperlukan. Setiap orang memiliki kebiasaan membaca yang berbeda-beda. Ada yang ┬ábiasa membaca dengan posisi duduk di kursi, duduk dilantai berkarpet, atau dengan berbaring di sofa. Dalam memilih funitur ruang baca tentunya harus disesuaikan dengan kondisi ruangan. Jika ruang baca yang tersedia terbatas anda bisa mensiasatinya dengan memilih furnitur yang bisa mengkomodir semua posisi baca yang berbeda-beda itu. Misalnya dengan menggunakan sofa single seater dengan sandaran kaki, day bed sofa, reclining chair, dan lain-lain. Tetapi jika area baca yang anda miliki cukup luas, anda bisa mengakomodir semua tipe furnitur tersebut dan tentunya ruang baca yang ideal akan tercipta.
  • Buatlah pencahayaan yang tepat. Cahaya yang tepat sangat penting untuk ruang baca. Pencahayaan ruang baca bisa diperoleh dari penerangan buatan (lampu) atau penerangan alami (sinar matahari). Yang perlu diperhatikan adalah intensitas cahaya. Jaga intensitas cahaya agar tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Karena pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu gelap akan membuat ketidaknyamanan saat membaca. Ada dua pilihan lampu yaitu downlight lamp dan standing lamp yang biasa digunakan untuk pencahayaan ruang baca.
  • Buatlah ruang baca untuk mengekspresikan diri. Anda bisa menambahkan sentuhan pribadi seperti menggantungkan bingkai lukisan kecil, kaligrafi, poster atau aksesori lain di dinding yang bisa menyelami imajinasi dan menjadi ruangan anda untuk bisa menyalurkan hobi anda membaca.

Itulah 5 cara membuat ruang baca yang nyaman di rumah yang bisa membuat hobi anda membaca tersalurkan.

Semoga bermanfaat.

 

Post Comment