Wednesday, 15 August 2018
Health

5 Manfaat Memperbaiki Postur Tubuh Yang Perlu Diketahui

5 Manfaat Memperbaiki Postur Tubuh Yang Perlu Diketahui

Dengan postur tubuh yang baik akan memberikan manfaat untuk kesehatan badan dan kesehatan mental. Sebaliknya dengan postur tubuh yang buruk akan menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan. Saat kita duduk atau berdiri tegak  bisa meluruskan tulang, mengurangi depresi dan akan memperbaiki energi yang turun. Memang benar sih, posisi duduk dengan menyender santai terasa lebih nyaman, tetapi posisi seperti itu tidak dianjurkan karena bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Postur tubuh yang baik juga bisa mengurangi nyeri punggung. Membiasakan diri dengan postur tubuh yang  baik akan membuat orang lebih percaya diri. Bukan hanya sekedar penampilan, masih banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan memperbaiki postur tubuh.

Berikut ini ada 5 manfaat memperbaiki postur tubuh yang perlu diketahui :

  • Meningkatkan kesehatan sendi. Postur tubuh akan mempengaruhi kesehatan sendi. Anda pasti pernah mengalami nyeri sendi bukan? Nah, saat anda merasakan sakit atau tidak  nyaman pada sendi cobalah segera memperbaiki postur tubuh anda yang salah. Misalnya terlalu menunduk saat menggunakan laptop. Kebiasaan ini tidak baik untuk sendi leher, bahu dan otot-otot disekitarnya karena bisa menyebabkan cidera. Untuk itu biasakanlah beraktivitas setiap hari dengan postur tubuh yang benar. Dengan kebiasaan yang baik ini keseimbangan otot dan sendi akan anda dapatkan. Selain itu anda juga akan terhindar dari penyakit otot dan tulang.
  • Meningkatkan energi. Saat di kantor pada waktu sore setelah jam makan siang biasanya mengalami rasa malas dan capek. Selain itu konsentrasi juga berkurang karena rasa kantuk mulai menyerang. Inilah saatnya untuk mengecek postur tubuh anda apakah sudah dalam postur yang baik atau belum. Posisi tubuh yang baik dan peregangan bisa anda lakukan saat duduk untuk meningkatkan tenaga yang mulai menurun.
  • Mengurangi stress. Postur tubuh yang tegak saat kita duduk merupakan slah satu cara untuk mengurangi stres. Sedangkan postur tubuh yang membungkuk merupakan salah satu penyebab stres. Karena ssat duduk membungkuk akan meningkatkan hormon penyebab stes (hormon kortisol) sebesar 15 % dan menurunkan hormon percaya diri (testosterone) sebesar 10 %. Cara yang mudah untuk dilakukan adalah bertolak pinggang dengan posisi tubuh tegak seperti Wonder Woman. Dengan melakukannya secara rutin akan meningktkan rasa percaya diri dan mengurangi stres.
  • Membakar kalori lebih banyak. Membiasakan diri memperbaiki postur tubuh akan membantu proses pembakaran lemak lebih banyak. Seperti saat berolah raga misalnya. Saat berolah raga tubuh akan menyerap lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah di dalam tubuh akan berjalan lebih lancar. Dengan cara ini tubuh akan membakar kalori lebih banyak, apalagi dengan gerakan yoga.
  • Meningkatkan produktifitas. Postur tubuh yang baik akan membantu meningkatkan produktifitas anda. Saat bekerja dengan postur tubuh yang baik tubuh akan memberikan sinyal pada otak bahwa kita sedang dalam posisi yang siap. Saat itulah kadar hormon testosterone akan meningkat sehingga secara otomatis produktifitaspun juga meningkat.

Nah, itulah 5 manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita membiasakan diri memperbaiki postur tubuh saat beraktifitas sehari-hari yang perlu diketahui.

 

Post Comment