Wednesday, 24 October 2018
Artikel Pilihan Health

5 Tips Meningkatkan Daya Ingat Yang Bisa Dilakukan

5 Tips Meningkatkan Daya Ingat Yang Bisa Dilakukan

Sering lupa bisa dialami siapa saja, tidak hanya usia tua, usia mudapun bisa mengalaminya. Banyaknya aktivitas setiap hari sangat mempengaruhi otak untuk mengingat banyak hal. Memiliki otak yang mudah mengingat banyak hal sangat penting karena bisa membantu menyelesaikan pekerjaaan dengan cepat. Jika daya ingat menurun kita bisa mengalami sering lupa bahkan lupa dengan hal-hal yang sepele, seperti lupa menaruh sesuatu, lupa rumus, atau bahkan lupa hari dan tanggal untuk bertemu seseorang yang tentunya ini bisa menjadi hal fatal untuk pekerjaan kita. Untuk itu kita harus berupaya meningkatkan daya ingat kita agar aktivitas  sehari-hari berjalan lancar.

Berikut ini ada 5 tips meningkatkan daya ingat yang bisa dilakukan :

  • Banyak beraktivitas. Untuk meningkatkan daya ingat kita harus banyak beraktivitas. Dengan banyak beraktivitas akan memperlancar pertukaran udara sehingga memudahkan oksigen masuk ke otak. Selain meningkatkan daya ingat dengan banyak beraktivitas misalnya berolahraga juga memiliki manfaat lain untuk tubuh tetap sehat dan bugar. Cobalah melakukan yoga atau aerobic secara rutin, selain meningkatkan daya ingat kitapun menjadi lebih fokus.
  • Melatih otak untuk terus bekerja. Tidak hanya pisau saja  yang perlu diasah, otakpun perlu diasah dengan melatihnya untuk tetap mengingat banyak hal. Caranya bisa dengan mendengarkan musik, berimajinasi, menghafal dan mengingat masa lalu. Dengan cara itu akan membuat otak kita tetap bekerja.
  • Meditasi. Saat pikiran sedang stres akan mempengaruhi kinerja otak, sehingga stres yang berkepanjangan akan merusak sel otak dan bisa menurunkan daya ingat. Untuk menjaga otak tetap sehat diperlukan pikiran yang jernih dan tenang. Caranya dengan melakukan meditasi secara rutin 25 menit setiap hari selama 3 bulan. Manfaatnya sangat baik untuk kinerja otak dan bisa membuat mod lebih baik.
  • Memilih konsumsi makanan yang tepat. Setiap jenis makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Karena itu memilih makanan yang tepat sangat diperlukan untuk meningkatkan daya ingat. Konsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan lemak sehat sangat tepat untuk meningkatkan fungsi otak. Misalnya alpukat, salmon, kelapa, dan coklat.
  • Cukup istirahat. Usakan untuk beristirahat denga tidur  selama 7-9 jam setiap hari agar pikiran bisa beristirahat. Kurang tidur akan berbahaya untuk fisik dan mental. Apalagi dengan memaksa otak terus bekerja dalam waktu lama. Hal ini akan membuat kerja otak semakin kacau. Dengan tidur 7-9 jam akan membuat otak lebih siap menerima dan menyimpan informasi sampai jangka waktu yang lama.

 Nah itulah 5 tips meningkatkan daya ingat yang baik untuk dilakukan.

Semoga bermanfaat…

Post Comment