Wednesday, 24 October 2018
Health

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Bahaya Komputer Dan Gadget

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Bahaya Komputer Dan Gadget

Di jaman seperti sekarang ini banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan remote atau jarak jauh. Karenanya keberadaan gadget, laptop dan komputer sangat penting sebagai sarana untuk mendukung pekerjaan tersebut. Tetapi tahukah anda bahwa jika terlalu sering terkena paparan layar komputer atau gadget sangat berbahaya untuk mata kita. Mata menjadi tegang dan terasa lelah. Gejala umum jika mata lelah adalah mata terasa panas dan juga gatal. Jika pekerjaan mengharuskan anda berlama-lama didepan komputer dan laptop, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata.

Berikut ini ada 5 tips menjaga kesehatan mata dari bahaya komputer dan gadget untuk anda :

  • Memakai kacamata khusus. Jika pekerjaan mengharuskan anda lama didepan komputer, sebaiknya pakailah kacamata yang dirancang khusus untuk melindungi mata dari bahaya paparan komputer atau gadget. Cahaya biru dari ponsel atau komputer membuat mata jadi kering dan cepat lelah. Seiring dengan teknologi yang semakin canggih mendorong terciptanya pengembangan kacamata anti radiasi. Kaca mata anti radiasi ini menggunakan lensa khusus yang¬† bisa memantulkan cahaya biru sehingga tidak langsung kena mata.
  • Buatlah jarak aman saat menggunakan gadget atau komputer. Ketika menggunakan komputer atau gadget sebaiknya jarak antara mata dan layar jangan terlalu dekat. Pastikan jarak aman kurang lebih 30 cm saat menggunakan laptop atau gadget.
  • Mengatur cahaya. Ketika menggunakan komputer atau gadget biasanya stelan brightness pada angka maksimal yang membuat tampilan lebih terang. Tetapi tahukah anda bahwa hal ini tidak dibenarkan, karena layar yang terlalu terang akan membuat mata cepat lelah. Sebaiknya aturlah kecerahan pada tingkat sedang, dan ini akan lebih aman untuk mata. Atau anda bisa¬† gunakan fitur Auto Brightness pada ponsel anda.
  • Lakukan konsep 20-20-20. Apakah itu ? Saat berlama-lama menggunakan komputer atau gadget sebaiknya anda juga mengistirahatkan mata seperti yang dianjurkan dokter dengan konsep 20-20-20. Setiap 20 menit sekali istirahatkan mata selama 20 detik dengan cara memandang obyek lain yang berjarak sekitar 6 meter. Anda juga bisa memasang alarm sebagai pengingat.
  • Rajin mengompres mata. Jika hari-hari anda sering di depan komputer atau gadget sebaiknya anda juga sering memanjakan mata. Caranya dengan mngompres mata saat istirahat dengan menggunakan kapas dana air hangat. Selain itu tiap malam gunakan krim mata untuk menjaga kontur mata anda.

Nah, untuk menjaga mata dari pengaruh negatif radisi komputer dan gadget sebaiknya lakukan hal-hal diatas supaya kesehatan mata selalu terjaga.

Semoga bermanfaat ya….

Wassalam…

Post Comment