Wednesday, 24 October 2018
Food

6 Jenis Cokelat Yang Rasanya Lezat

6 Jenis Cokelat Yang Rasanya Lezat

Cokelat ? Ya… Siapa sih yang tidak suka cokelat ? Makanan yang rasanya manis dan pasti disukai semua orang baik anak-anak maupun orang dewasa. Cokelat bisa dinikmati secara langsung atau juga sebagai bahan masakan, seperti untuk membuat brownies, biskuit, puding dan masih banyak lagi makanan dengan bahan cokelat. Selain enak dan lezat, cokelat juga  bermanfaat untuk kesehatan lho! Cokelat mengandung phenylethylamine (PEA), yang memicu otak untuk mengeluarkan hormon endofrin yang membuat perasaan kita lebih senang sehingga menciptakan mood yang baik. Selain rasanya yang lezat itu cokelat juga baik untuk kesehatan jantung, sirkulasi darah dan juga otak.

Tahukah anda ternyata ada beberapa jenis cokelat yang perlu anda ketahui. Simak 6 jenis cokelat berikut ini :

  • Cokelat hitam. Cokelat hitam atau dark chocolate merupakan cokelat murni karena tidak mengandung susu  sama sekali, kalaupun ada paling hanya sedikit kandungan susunya. Karana itu warnanya lebih gelap jika dibanding dengan cokelat jenis lain. Kandungan cokelatnya mencapai 90%, sehingga rasanya agak pahit. Cokelat murni jarang dimakan langsung, biasanya digunakan sebagai bahan kue.
  • Cokelat putih. Cokelat putih rasanya paling manis. Tidak menggunakan cokelat sama sekali sebagai bahan dasarnya. Cokelat putih terbuat dari campuran gula, susu, vanila dan mentega. Cokelat putih tetap padat meskipun berada pada temperatur yang tinggi, tidak seperti jenis cokelat lain yang akan meleleh jika berada pada tempat yang bertemperatur tinggi.
  • Cokelat susu. Cokelat susu merupakan produk cokelat yang biasa dijual dipasaran. Cokelat dengan tambahan susu ini teksturnya lebih lembut dan rasanya lebih ringan dibanding dengan cokelat murni.
  • Cokelat bubuk. Selain untuk membuat minuman cokelat bubuk biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan cokelat kemasan dan juga untuk membuat kue. Rasanya sangat natural karena tidak ada tambahan bahan lain.
  • Cokelat compound. Cokelat compound terbuat dari cokelat bubuk dan bahan pengganti mentega, seperti minyak kelapa, minyak sayur atau lemak terhidroenasi yang lain, karena itu harganya lebih murah. Biasanya digunakan sebagai lapisan kue atau bahan topping.
  • Cokelat couverture. Cokelat couverture. Cokelat ini merupakan jenis cokelat dengan istilah baru untuk jenis cokelat yang mengandung kadar mentega yang tinggi. Biasanya digunakan oleh penjual cokelat atau para koki pastry.

Nah, itulah 6 jenis cokelat yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Post Comment