Wednesday, 24 October 2018
Seputar Rumah

6 Tanda Adanya Rayap Di Rumah Yang Harus Diketahui

6 Tanda Adanya Rayap Di Rumah Yang Harus Diketahui

Rayap bisa diibaratkan sebagai penyakit “kanker” yang menggerogoti bangunan secara perlahan-lahan sehingga membuat bangunan atau rumah menjadi rusak. Bahkan pemilik rumah sering kali tidak menyadari bahwa rumahnya sudah diserang rayap. Hal inilah yang membuat rayap disebut sebagai si perusak diam-diam atau silent destroyer. Rayap merupakan serangga yang malu-malu, biasanya berlindung dan bersarang ditempat gelap karena rayap tidak tahan terhadap sinar matahari. Rayap juga bisa masuk ke dalam rumah melalui bagian dalam dinding, misalnya saluran AC. Biasanya keberadaan rayap baru diketahui setelah bagian rumah ada yang rusak.

Jika rayap dibiarkan saja lama-kelamaan secara perlahan akan berkembang dan menghancurkan semua barang yang ada dirumah terutama yang berbahan kayu. Bahkan rayap juga akan menyerang kitchen set dan rak buku. Benda-benda lain yang mengandung selulosa seperti buku, baju, korden, dan wallpaper juga akan dirusak oleh rayap. Selain merusak barang-barang, di sebagian tempat rayap diduga sebagai penyebab kebakaran, karena sarangnya yang lembab merupakan penghantar listrik yang baik yang memicu arus pendek.

Sebelum rayap berkembang dan menggerogoti rumah beserta perabotannya, sebaiknya anda melakukan deteksi secara dini dengan memperhatikan 6 tanda adanya rayap di rumah berikut ini :

  1. Adanya jalur tanah yang memanjang. Jalur tanah memanjang yang menandakan adanya rayap ini biasanya keluar di dinding yang retak, sela-sela kayu, pafon atau nat. Warnanya merah tanah dan merupakan jalur antara sarang rayap dengan kayu yang diserang.
  2. Munculnya serbuk kering dan kasar. Serbuk ini berserakan dilantai, berwarna cokelat dan ini merupakan kotoran rayap kayu kering.
  3. Adanya laron. Laron merupakan cara kasta perkembangan rayap menemukan sarang dan pasangan baru. Keberadaan laron ini juga menandakan bahwa ada sarang rayap pada radius 50 meter.
  4. Adanya suara dengung halus. Dengung halus ini berasal dari suara rayap yang sedang memakan kayu dan biasanya terdengar pada malam hari.
  5. Adanya Lubang kecil pada kayu. Lubang kecil pada kayu menandakan bahwa ada rayap didalamnya.
  6. Rusaknya kayu. Jika anda menemukan kayu yang sudah rusak dan keropos itu berarti rayap sudah menyerang sejak lama.

Nah, itulah 6 tanda adanya rayap di rumah yang harus diketahui, karena itu jika sudah menemukan keberadaannya segera lakukan langkah pemusnahan sebelum rayap merusak semuanya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

Wassalam…

 

Post Comment