Wednesday, 24 October 2018
Food Makanan Sehat

6 Vitamin Dan Manfaatnya Untuk Kulit Dan Wajah

6 Vitamin Dan Manfaatnya Untuk Kulit Dan Wajah

Vitamin merupakan zat yang banyak sekali memberikan manfaat untuk tubuh kita. Salah satunya untuk merawat kecantikan kulit dan wajah. Vitamin yang alami banyak terdapat pada buah-buhan dan sayuran. Ada 6 vitamin jenis vitamin yaitu vitamin A, B kompleks, C, D, E dan K. Dari setiap jenis vitamin memiliki manfaat masing-masing untuk kecantikan kulit dan wajah.

Apa sajakah 6 vitamin dan manfaatnya untuk kulit dan wajah ?

  • Vitamin A. Vitamin A dikenal sangat baik untuk kesehatan mata. Tetapi tahukah anda bahwa selain baik untuk mata mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A juga sangat bermanfaat untuk kulit dan wajah. Kandungan retinolnya bisa membuat kulit menjadi lembab, tampak lebih cerah dan merangsang pertumbuhan kolagen, sehingga dapat mencegah penuaan dini. Selain itu Vitamin A juga bisa memperbaiki lapisan epidermis dan lapisan dermis kulit sehingga membuatnya lebih kencang. Kulit yang kekurangan asupan vitamin A akan menjadi kering dan bersisik. Vitamin A terdapat pada buah dan sayur seperti, pepaya, mangga, wortel, bayam, paprika, keju, telur dan susu.
  • Vitamin B kompleks. Mengkonsumsi vitamin B kompleks bermanfaat untuk membuat kulit menjadi halus, lembut, dan lebih bercahaya. Selain itu juga mencegah dehidrasi kulit, membantu membentuk sel baru dan melindungi dari efek radikal bebas. Kekurangan vitamin B kompleks akan menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Vitamin B kompleks bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi beras merah, kentang, kacang mete dan kacang almond. Setiap jenis vitamin B kompleks memiliki manfaat tersendiri untuk wajah dan kulit, karena itu untuk mendapatkan manfaat yang lebih efektikf sebaiknya dikonsumsi secara bersamaan.
  • Vitamin C. Vitamin C dikenal identik dengan buah jeruk, tetapi masih banyak buah lain yang mengandung vitamin C, seperti nanas, kiwi, strawbery, melon, pir, apel dan lainnya. Vitamin C memiliki segudang manfaat untuk wajah dan kulit, yaitu meningkatkan produksi kolagen, mencerahkan kulit, memperlancar aliran oksigen dan menutrisi kulit sehingga membuat kulit lebih sehat. Selain itu juga melindungi kulit dari sinar ultraviolet, penuaan dini dan kanker kulit atau melanoma.
  • Vitamin D. Vitamin D terdapat pada makanan seperti ikan salmon, susu, keju, kuning telur, dan minyak ikan. Selain dari makanan vitamin D juga bisa didapatkan dari paparan sinar matahari pagi. Manfaat vitamin D dapat mencegah peradangan dan iritasi pada penderita psoriasis atau penyakit kulit yang menyerang kulit kepala, telinga dan alat kelamin. Penyakit ini ditandai dengan ciri-ciri adanya bercak merah dan kulit yang berisik.
  • Vitamin E. Vitamin E mengandung antioksidan yang bisa mencegah flek hitam, timbulnya kerutan, dan efek radikal bebas lainnya. Selain itu juga bermanfaat untuk membuat kulit halus dan membantu regenerasi kulit. Vitamin E banyak terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan yang mengandung vitamin E, diantaranya biji bunga matahari, bayam, avokad, lobak, buah bit, cabai, minyak kedelai, minyak jagung dan minyak zaitun.
  • Vitamin K. Vitamin K yang alami terdapat pada buah anggur, blue berry, sawi hijau, brokoli, kembang kol, kentang, kacang polong dan kedelai. Vitamin K bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, mengatasi masalah strech mark, dan membantu menyamarkan lingkaran hitam pada mata. Kekurangan asupan vitamin K bisa menyebabkan kulit menjadi keriput.

Nah itulah 6 vitamin alami dan manfaatnya yang sangat banyak untuk kulit dan wajah. Semoga bermanfaat.

Wassalam…….

Post Comment