Wednesday, 24 October 2018
Artikel Pilihan

7 Langkah Membersihkan Helm Sendiri Di Rumah

7 Langkah Membersihkan Helm Sendiri Di Rumah

Helm merupakan salah satu barang yang sering dipakai sehari-hari. Tak heran jika helm mudah bau karena banyaknya keringat dan kotoran yang menempel. Bahkan kotoran tersebut akan berkumpul dan mengendap sehingga tidak bisa hilang sendiri jika tidak dicuci. Kotoran yang mengendap dan tidak dibersihkan akan membuat rambut gatal dan menyebabkan jerawat dan wajah kusam. Karena itu helm harus sering dicuci minimal sebulan sekali untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Dengan mencuci helm sendiri akan menghemat  pengeluaran. Lalu bagaimanakah cara mencuci helm sendiri dirumah ?

Simak 7 langkah berikut ini !

  • Bersihkan kaca dan busa helm. Caranya dengan melepas kaca helm atau visor terlebih dahulu supaya gampang untuk membersihkannya. Saat mau mencuci helm pastikan jika helm yang akan dicuci bisa dilepas busanya semua sampai hanya tinggal batok dan bagian gabus yang keras saja.
  • Merendam busa dengan air sabun. Busa yang sudah lepas direndam dengan air sabun atau sampo. Setelah 30 menit sikat busa dengan sikat kecil secara perlahan-lahan samapi bersih. Lalu rendam busa yang sudah bersih dengan pengharum pakaian supaya lebih wangi dan saat dipakai wanginya tahan lama.
  • Peras dan dijemur dibawah terik matahari. Saat menjemur busa helm  sebaiknya pada saat matahari sedang terik-teriknya agar busanya cepat kering. Jika busanya lama kering malah akan berbau apek, karena itu jika ingin mencuci helm sendiri pastikan saat cuaca sedang panas.
  • Mencuci bagian luar helm dengan Wax pemoles. Bersihkan bagian luar helm dengan cara dicuci dengan air bersih. Lalu gosok bagian luar helm dengan kain halus dan wax pemoles agar tampak bersih dan clink.
  • Membersihkan kaca helm. Semprot kaca helm dengan wax pemoles dan bersihkan menggunakan kain halus  secara hati-hati untuk menghindari kaca helm tergores dan tetap bening.
  • Memasang semua komponen helm. Pasang kembali semua bagian helm dengan tepat setelah busa benar-benar sudah kering. Pastikan tidak ada bagian yang patah ya…
  • Menyemprot helm dengan desinfektan. Langkah yang terakhir saat membersihkan helm adalah dengan menyemprotkan pewangi  khusus dengan desinfektan yang berguna untuk membunuh  jamur dan kuman yang menyebabkan bau tak sedap.

Caranya cukup gampang kan? Dengan mencuci helm sendiri dirumah akan lebih menghemat budget.

Post Comment