Wednesday, 15 August 2018
Health Lifestyle

8 Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Waktu Sahur

8 Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Waktu Sahur

Saat menjalankan ibadah puasa, makan sahur memang sangat penting untuk dilakukan. Sahur merupakan perintah dan sunah nabi yang sebaiknya dilakukan semua umat muslim sebelum berpuasa. Bukan hanya itu saja, dengan makan sahur akan membuat kita lebih fokus dan optimal selama berpuasa sehari penuh hingga sampai berbuka puasa. Untuk itu kita juga perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur. Memilih jenis makanan yang kurang tepat pada waktu sahur apalagi melewati makan sahur akan berpengaruh pada tubuh saat berpuasa. Misalnya tubuh terasa lemah, lesu dan kurang bergairah, bahkan mungkin juga kesehatan akan terganggu. Karena itu jangan sampai melewatkan makan sahur yang tentunya dengan memilih makanan yang baik dan bergizi tinggi serta minum air yang cukup agar ibadah puasanya lancar.

  • Kurma. Hampir semua umat muslim menyajikan kurma untuk menu sahur dan buka puasa, seolah kurma sudah menjadi menu yang “wajib” ada. Kurma mengandung banyak gizi dan karbohidrat  cukup tinggi yang baik dikonsumsi saat sahur maupun saat berbuka puasa. Kandungan sukrosa, fruktosa, dan glikosa pada kurma menjadi sumber cadangan energi untk tubuh. Tak hanya mengenyangkan , makan kurma juga bisa menyehatkan pencernakan serta membantu menaikkan kadar gula darah selama berpuasa.
  • Oatmeal. Oatmeal mengandung karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Oatmeal merupakan makanan sumber energi yang lezat dan sehat untuk makan sahur. Caranya dengan menyajikan oatmeal dengan irisan pisang dan juga kacang kenari.
  • Telur. Telur mengandung protein dan vitamin B yang cukup tinggi terutama bagian kuningnya yang bisa merubah makanan menjadi energi. Makan sahur dengan telur rebus sangat baik untuk tubuh selama berpuasa.
  • Daging Ayam. Daging ayam merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak nutrisi yang menghasilkan energi. Makan daging ayam saat sahur sangat  baik untuk tubuh sekaligus mengenyangkan. Karena itu tidak salah jika menjadikan daging ayam sebagai salah satu pilihan untuk menu sahur.
  • Nasi merah. Nasi merah merupakan makanan super untuk menambah energi karena mengandung protein dan karbohidrat yang sehat. Selain membuat bersemangat selama berpuasa mengkonsumsi nasi merah juga bisa membantu menurunkan berat badan.
  • Kacang-kacangan. Menambahkan menu kacang-kacangan saat makan sahur sangat baik selama berpuasa. Karena kacang-kacangan mengandung lemak  baik dan sifatnya mengenyangkan sepanjang hari.
  • Ikan. Ikan tuna, salmon, dan ikan sarden bisa dijadikan salah satu pilihan untuk makan sahur, karena jenis makanan tersebut sangat baik dan bisa bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas tubuh selama berpuasa. Tetapi yang harus diingat sebaiknya jangan digoreng untuk menyajikannya, karena dengan makan makanan yang digoreng saat sahur  bisa membuat perut menjadi kembung dan menyebabkan kita cepat haus.
  • Sayur dan buah. Mengkonsumsi sayur dan buah waktu sahur sangat baik untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa, karena  sayur dan  buah mengandung banyak air dan cukup serat.

Nah, itulah 8 jenis makanan baik yang bisa dijadikan pilihan untuk makan sahur.

Post Comment