Thursday, 16 August 2018
Tutorial

Bagaimana Cara membuat kacamata 3d sendiri yang mudah dan murah ?

Saat ini film 3 dimensi menjadi tontonan yang cukup digemari tidak saja oleh anak-anak namun juga oleh para remaja bhkan oleh orang-orang dewasa. Tontonan ini mengasyikkan karena efek ruang yang disebabkan oleh film seolah-olah kita berada di ruangan yang sama pada film yang sedang di putar. Namun untuk menikmati rasa 3 dimensi tersebut diperlukan kacamata yaitu kacamata 3d.
Dan saat ini video 3D pun sudah banyak diproduksi, juga gambar-gambar 3 dimensipun sudah banyak ditemui di internet. Silahkan anda googling dan ketik film atau gambar 3d, maka akan bermunculannlah situs-situs atau gambar yang bertipe 3 dimensi bisa anda temukan. Terus bagaimana cara mendapatkan kacamata 3d? tidak perlu susah-susah untuk mencarinya. Anda bisa membuatnya sendiri karena kacamata ini cukup sulit didapat dipasaran.

Bagaimana Cara membuat kacamata 3d sendiri yang mudah dan murah?

Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan murah, anda dapat membuat kacanmata ini, seperti misalnya mika transparan warna biru dan merah bisa dibeli di tempat photocopy terdekat di rumah anda. Bahan ini biasa digunakan untuk cover paling atas dari buku atau jilidan photocopy. Untuk karton anda bisa mendapatkannya dari bekas kardus susu instan, atau bunkus kardus dari makanan tertentu.

Bahan-bahan yang digunakan

  • Kertas mika transparan warna BIRU (cukup 1 lembar)
  • Kertas mika transparan warna MERAH (cukup 1 lembar)
  • Karton bekas yang cukup tebal  (minimal 30×5 cm)
  • Peralatan : gunting, penggaris, pensil  dan lem serbaguna

Sederhana bukan bahan-bahan yang digunakan, walaupun demikian nantinya fungsi kacamata 3D yang dihasilkan tidak kalah dengan yang dijual di toko.

Langkah demi langkah Cara membuat kacamata 3d sendiri

  1. Buatlah pola pada karton yang akan dijadikan frame kacamata 3D, dengan alat bantu penggaris dan pensil, buatlah model yang anda sukai, jangan lupa sesuaikan ukurannya, apakah untuk orang dewasa ataupun untuk anak-anak.
  2. Gunting pelan-pelan sesuai pola dan usahakan serapi mungkin agar hasilnya tidak mengecewakan.
  3. Mika plastik warna biru dipotong sesuai pola lobang pada kacamata sebanyak  2 lembar potongan.
  4. Mika plastik warna merah dipotong sesuai pola lobang pada kacamata sebanyak  6 lembar potongan.
  5. Pasangkan plastik  mika warna BIRU pada lubang sebelah KANAN (di tumpuk 2 lembar).
  6. Pasangkan plastik  mika warna MERAH pada lubang sebelah KIRI (di tumpuk 6 lembar).
  7. Ingat jangan sampai salah ya

Nah anda bisa menyaksikan caranya di video di bawah ini :

Demikianlah Cara membuat kacamata 3d Sendiri, yang bisa juaga disebut kacamata 3D red cyan yang bisa untuk melihat gambar anaglyph. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Kreativitas terkadang bisa berharga lebih mahal dari beli dari toko yang sudah ada, namun prosesnya bisa menambah kesenangan kita akan hobi ataupun untuk pengajaran kepada anak-anak kita sehingga bisa melatih kreativitas yang ujung-ujungnya bisa membantu perkembangan otak anak-anak yang saatnya untuk berkembang.

 

Post Comment