Monday, 22 October 2018
Lifestyle

Bermain Potong Dan Belah Mecerdaskan Anak

Bermain Potong Dan Belah Mecerdaskan Anak

Bermain merupakan proses belajar merangsang kecerdasan anak usi dini. Banyak permainan mencerdaskan sekaligus menyenangkan yang bisa dilakukan bersama si kecil dirumah. Dengan bermain bisa melatih indra, melatih otot-otot, menguasai bahasa, mengeksplorasi lingkungan sekitar, bernalar, bersosialisasi, juga mengenal diri sendiri.

Usia tepat untuk mengajak sikecil bermain mulai 12 bulan. Luangkan waktu dalam sehari paling tidak 10 menit untuk bermain dengan anak. Anak usia dibawah 3 tahun sangat menyukai aktivitas potong dan membelah. Karena itu kita sering melihat anak yang suka bermain dengan memotong-motong kue, membelah biskuit, atau mematahkan krayon dengan tangannya.

Sebagai contoh bermain dan belajar untuk anak batita  anda bisa menyiapkan satu lembar roti tawar, piring anti pecah, pisau mainan atau sendok plastik. Berikan pada anak dan biarkan dia beraktivitas dengan memotong atau membelah roti tawar tersebut. Setelah dipotong dan dibelah, jelaskan pada anak bahwa roti tawar yang semuala satu lembar setelah dipotong bisa menjadi beberapa bagian.

Dengan bermain potong dan belah banyak kecerasan anak yang terlatih dan berkembang seperti berikut ini :

  • Kecerdasan logika dan matematika. Permainan memotong dan membelah membuat anak menemukan pengetahuan baru. Ketika memotong dan membelah anak terus memperhatikan benda yang ada ditangannya. Dengan begitu fokus dan perhatiannya akan terstimulasi.
  • Kecerdasan interpersonal. Dengan bermain bersama anak ini interaksi antara anak dan orang tua akan terbangun, sehingga timbul kenyamanan dan kesenangan tersendiri pada anak. Dengan begitu akan menstabilkan keadaan emosinya yang mudah terkontrol.
  • Melatih kecerdasan bahasa. Dengan adanya komunikasi antara orang tua dan anak akan memperbanyak kosa kata untuk anak.
  • Kecerdasan kinestetik-jasmani. Bermain memotong dan membelah menstimulasi motorik halus anak, yaitu jari-jari dan pergelangan tangan.

Post Comment