Thursday, 16 August 2018
Tutorial

Cara membuat oralit sendiri untuk Bayi dan Ibu Hamil

Diare bisa menyerang biasa saja, bisa menyerang anak-anak, bayi dan orang dewasa. Diare pada bayi ditandai dengan terlalu lembeknya cairan pub dan frekensinya yang sering terjadi atau berkali-kali dalam setiap harinya. Karena seringnya cairan keluar dari tubuh bayi maka akan menimbulkan dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh. Dehidrasi yang terlalu parah akan menimbulkan hal-hal yang lebih parah bisa menimbulkan sakit kepala atau hal-hal lainnya tergantung tingkat dehidrasi yang diderita.

Dehidrasi didahului dengan rasa haus yang amat sangat, hilangnya cita rasa dan perasaan yang kurang nyaman terus menerus. Dalam fase ini anak bayi biasanya terlihat rewel. Pada tahapan selanjutnya badan mulai panas, disertai muntah. Pada tingkatan lebih lanjut lagi denyut jantung lebih cepat dan pernapasan mulai susah. Gejala-gejala ini pada bayi hanya dapat dideteksi dari suhu badannya dengan aktivitasnya yang gelkisah, rewel dan terkadang muntah.

Bila anda melihat gejala sesak nafas, dan bibir membiru anda harus waspada bahwa tingkat dehidrasi bayi anda sudah pada tingkatan yang parah. Segera bawa ke dokter terdekat atau dokter spesialis anak untuk segera ditangani lebih lanjut.

Untuk menghindarkan hal tersebut di atas maka ketika bayi sering buang air besar dan muntah yang berarti bahwa bayi anda terserang diare maka perlu untuk diberi minum air putih dengan perbandingan 1 liter air setiap kilo berat badannya, bila masih mengkonsumsi ASI, sering-seringlah untuk memberikan asi kepada bayi tersebut. Selain kehilangan cairan tubuh, diare juga menyebabkan hilangnya larutan elektrolit dalam tubuh. Untuk itu perlu diberikan oralit kepada bayi anda.Bila anda tidak tersedia oralit di rumah maka buatlah sendiri oralit. Karena pembuatan oralit sendiri sangat mudah. Hanya diperlukan air putih, gula dan garam. Untuk detailnya bisa dilihat dibawah ini :

Cara membuat oralit sendiri adalah : air putih sebanyak 200 cc kemudian masukkan gula satu sendok makan dan garam satu  sendok teh, lalu aduk hingga tercampur. Dan sjikan sesuai keperluan.

Cara membuat oralit sendiri untuk untuk Bayi ini selain mudah juga terjamin terbebas dari zat-zat kimia. Dan bahan-bahannya selalu tersedia di rumah kita, sehingga sewaktu-waktu bisa tersedia tanpa harus keluar rumah.

Oralit  buatan sendiri di atas selain dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak, bisa juga dikonsumsi oleh ibu-ibu yang sedang hamil. nah cara diatas bisa juga dipakai untuk membuat oralit sendiri untuk Ibu Hamil. Mudah bukan? Silahkan mencoba

Post Comment