Thursday, 16 August 2018
Tutorial

Cara membuat SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian )

SKCK adalah singkatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian, yaitu surat keterangan dari kepolisian yang menerangkan bahwa seseorang pernah atau tidak pernah berurusan dengan tindak pidana yang tercatat pada instansi kepolisian.

Bila anda melamar pekerjaan, ada beberapa instansi yang membutuhkan SKCK tersebut untuk mengetahui apakah sang pelamar tersebut pernah bertindak kejahatan atau tindak pidana yang tercatat pada kepolisian.

Beberapa tahapan untuk pengurusan membuat SKCK ini cukup panjang yaitu :

1. Surat Pengantar RT/RW

Ditahapan ini yang diurus adalah Surat Pengantar untuk pengurusan SKCK tersebut. Biasanya surat iniberisi keterangan warga dengan tujuan pengurusannya. Surat ditandatangani oleh Ketua RT setempat baru kemudian ditandatangani oleh Pengurus RW keduanya dibubuhhi stempel masing-masing. Persyaratan yang di bawa : Photo copy KTP, KK/KSK

3. Surat Keterangan dari Kepala Desa / Lurah dan ditandatangani oleh Kepala Kecamatan
Pengurusan disyaratkan untuk membawa :  Surat Pengantar RT/RW, foto berwarna 3×4 sebanyak 5 lembar, fotokopi : KTP, PBB dan KK/KSK. Surat keterangan ini setelah selesai ditandatangani oleh Kepala Desa atau Lurah lalu di bawa kek Kecamatan untuk dimintakan Pak Camat. Setelah ditandatangani dan di cap oleh pihak kecamatan maka pengurusan pada tahapan pertama sudah bisa diselesaikan.

5. Surat Rekomendasi dari Polsek (Ke[polisian Sektor)

Syarat : Surat Keterangan dari Kelurahan.
Tujuan : Surat Rekomendasi dari Polsek.

6. Koramil
Syarat : Surat Rekomendasi dari Polsek
Tujuan : Surat Rekomendasi dari Koramil

7. Permohonan SKCK di Polres
Syarat membuat SKCK Baru di Polres (bersumberkan dari situs resmi kepolisian : polri.go.id) :

  1. Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan.
  2. Photocopy KTP atau SIM.
  3. Photocopy  Kartu Keluarga /KK atau KSK (Kartu Susunan Keluarga).
  4. Photocopy  Akte Kelahiran ataupun Kenal Lahir.
  5. Pasphoto ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar berwarna

.
Cara / langkah :

  • Serahkan berkas ke bagian loket.
  • Isi formulir yang diberikan dan melakukan pengambilan Sidik Jari.
  • Bayar biaya sidik jari besarnya biaya sesuai kebijaksanaan setempat
  • Menyerahkan formulir ke loket dan membayar administrasi sesuai kebijaksanaan setempat
  • Tunggu diproses beberapa saat kemudian setelah jadi bisa diambil di loket SKCK
  • Langka selanjutnya yaitu SKCK asli di photocopy kemudian diserahkan ke loket bagian legalisir untuk mengesahkan SKCK photocopyan tersebut sesuai aslinya.

Demikianlah cara membuat SKCK di Polres dan melihat alur pengurusannya cukup panjang dan kemungkinan membutuhkan waktu yang cukup lama juga. Bila dimungkinkan pengurusan SKCK ini bisa secara online sehingga bisa menghemat waktu dan juga bisa lebih fleksibel. Selain itu dengan adanya KTP Nasional sangat memungkinkan bisa mengakses data lewat online sehingga seluk beluk pengurusannaya bisa disederhanakan dan dipersingkat. Namun untuk menuju data penduduk yang bisa diakses secara online oleh lembaga tertentu masih membutuhkan waktu yang panjang. Namun demikian ada baiknya bisa dimulai dari sekarang supaya administrasi kependudukan lebih simple dan lebih cepat. Jadi kita tinggal berdoa sambil menunggu waktu penguruasan Cara membuat SKCK online bisa segera terlaksana.

Post Comment