Tuesday, 20 November 2018
Hobby

Cara Menanam Jambu Air Dalam Tabulampot

Cara Menanam Jambu Air Dalam Tabulampot

Cara menanam jambu air dalam pot tidak susah. Langkah awal cara menanam jambu air dalam pot cukup dengan membuat lubang kecil ditengah-tengah pot. Buang kantung plastik polibek tempat bibit, lalu tanam bibit jambu air pada lubang tersebut. Setelah ditanam siram air supaya tanah menjadi padat dan tanaman dalam posisi tegak.

Cara menanam jambu air dalam pot selanjutnya adalah dengan pemupukan. Setelah tiga bulan lakukan pemupukan awal dengan pupuk kandang. Ukurannya sekitar 15 kg per pot. Selain pemupukan, penyiraman tabulampot juga perlu dilakukan setiap hari, bila tanaman tidak mendapat air hujan. Pemupukan pertama yang dilakukan bersamaan waktu tanam menggunakan TSP, KCL, dan ZA dengan takaran masing-masing 50 gram. Pemupukan selanjutnya dengan pupuk ZA yang dilakukan pada masa vegetatif setiap bulan dan penyiraman setiap 4 hari sekali.

Saat tanaman buah jambu air berbunga baru diberi TSP dan KCl yang takarannya masing-masing 50 gram. Cara pemberiannya bisa bergantian setelah jenis pupuk yang diberikan sebelumnya larut setengahnya atau bisa juga bersamaan. Setelah pemupukan tanaman disiram supaya pupuk menyebar pada area tanam. Pengendalian hama juga perlu dilakukan dengan cara menyemprotkan insektisida 15 hari sekali pada tabulampot. Media tanam sebaiknya ditambah setiap habis berbuah.

Selain penyiraman dan pemupukan, pengaturan pembuahan juga perlu dilakukan dalam menanan buah jambu air dalam pot agar bisa berbuah. Ada 2 faktor yang dapat merangsang pembuahan. Yang pertama mengurangi frekuensi penyiraman dengan tepat supaya tidak menyebankan tanaman menjadi layu. Kedua membuang tunas-tunas daun muda yang tumbuh. Dalam beberapa minggu tanaman akan berbunga dengan serempak. Sebaiknya diterapkan pada tanaman yang semestinya sudah berbuah sekitar usia 1-2 tahun. Yang perlu diperhatikan, cara menanam tabulampot adalah unsur hara pada tanaman harus terpenuhi sebelum dirangsang untuk berbuah.

 

 

 

Post Comment