Wednesday, 24 October 2018
Seputar Rumah

Cara Mencegah Rayap, Si Kecil Yang Menyerang Rumah

Cara Mencegah Rayap, Si Kecil Yang Menyerang Rumah

Terkadang kita tidak menyadari bahwa rumah kita sedang diserang oleh rayap “si kecil”  yang biasa menggerogoti  barang-barang yang ada di rumah sehingga membuatnya menjadi rusak. Pencegahan rayap sebaiknya dilakukan sejak dini. Sekali menyerang rayap akan terus menerus menggerogoti dan merusak barang-barang yang ada dirumah jika tidak segera dilakukan pencegahan.

Rayap biasa menyerang area yang jarang dijangkau oleh penghuni, tempat yang gelap dan lembab Tetapi terkadang sangat sulit untuk mendeteksi rayap dari awal. Rayap menyerang secara perlahan-lahan dan biasanya orang mengabaikannya, tanpa disadari barang-barang sudah rusak dibuatnya. Serangan rayap diawali dengan adanya tanah yang dianggap sepele dan serbuk berwarna kecoklatan yang muncul. Tanda serangan rayap ini bisa berkembang dengan cepat jika tidak segera dilakukan pencegahan.

Sering membersihkan tempat dan menyemprot dengan cairan pembasmi serangga saja tidak cukup untuk melenyapkan rayap, karena hanya rayap yang kelihatan saja yang akan mati. Sedangkan masih ada ratusan rayap yang tetap akan merusak kayu dan barang-barang kesayangan anda. Pencegahan rayap dari awal bisa dilakukan dengan cara mengoleskan oli  pada permukaan kayu atau merendam kayu dalam lumpur sebelum digunakan.

Cara ini merupakan cara tradisional dan ampuh untuk membasmi rayap yang juga aman untuk lingkungan. Tetapi cara ini harus dilakukan secara berkala dan berulang-ulang supaya hasilnya maksimal. Karenanya banyak orang yang beralih menggunakan cara yang lebih modern untuk mencegah serangan rayap, yaitu dengan soil treatment. Caranya dengan menyuntik tanah dengan pestisida khusus untuk melenyapkan rayap yang dilakukan sebelum membangun rumah atau bangunan lainnya. Karena soil treatment harus dilakukan oleh ahli khusus, pemilik rumah harus menghubungi penyedia jasa pembasmi hama untuk  melakukan cara pencegahan ini.

Pencegahan rayap dengan soil treatment sebaiknya dilakukan sebelum pembangunan rumah, karena jika dilakukan setelah bangunan berdiri akan merugikan pemiliknya. Pasalnya harus dilakukan pembobolan lantai dengan alat khusus untuk menyuntikkan pestisida kedalam tanah. Sayang sekali bukan kalau harus membongkar lantai yang sudah ada ?

Soil treatment memang dikenal sangat ampuh untuk membasmi segala jenis rayap, tetapi jika dilihat dari segi keamanan zat pestisida yang disuntikkan kedalam tanah memang tidak baik untuk lingkungan. Apalagi jika ada kesalahan saat melakukan soil treatment, karena itu harus benar berhati-hati saat mengaplikasikannya. Jangan sampai akibat rancangan yang salah membuat saluran air menjadi tercemar zat pestisida.

Pencegahan rayap yang lain bisa dilakukan dengan cara merancang bangunan dengan baik. Mulai dari Fondasi rumah , struktur lantai hingga atap harus dirancang sedemikian rupa sehingga bisa terhindar dari lembab yang dipicu oleh masuknya air. Usahakan menjaga talang dan genting dari kebocoran untuk mencegah pembusukan yang bisa mengundang datangnya rayap.

Pemilihan bahan material yang baik juga perlu diperhatikan, misalnya jika kusen terbuat dari kayu pilihlah kayu yang kuat seperti kayu jati. Karena kayu jati harganya mahal anda bisa menggunakan kayu lain yang berkualitas baik. Sebelum digunakan anda bisa menambahkan telapak logam khusus dibagian bawah kusen agar air tidak bisa meresap masuk kedalam celah kayu. Selain itu usahakan ventilasi yang cukup dirumah anda, sehingga cahaya bisa masuk dan sirkulasi udara berjalan lancar. Dengan begitu rumah anda akan terhindar dari kelembapan yang disukai oleh rayap.

Post Comment