Monday, 22 October 2018
Lifestyle

Cara Menghilangkan Stres Jelang Anak ujian

Cara Menghilangkan Stres Jelang Anak ujian

Menjelang ujian sekolah anak tiba, menjadi saat yang menegangkan bukan hanya bagi anak kita saja tetapi orang tua juga mesakan hal yang sama. Sebagai orang tua, anda sebaiknya jangan tegang karena akan membuat anak menjadi stres menjelang ujian. Sikap positif dan dukungan orang tua sangat mempengaruhi keberhasilan anak kita dalam ujian.

Berikut ini adalah fakta-fakta penting yang harus anda ketahui menjelang ujian anak sekolah tiba dan cara mengatasinya :

  • Ketegangan para orang tua membuat anak menjadi ikut tegang. Hal ini membuat anak tidak bisa fokus belajar dan menyebabkan prestasinya kurang baik. Solusinya : Sebaiknya orang tua tidak menaruh harapan tinggi pada anak. Jadilah orang tua bijak yang tidak nmenargetkan anak untuk mencapai nilai sempurna, tetapi ajarkan pada mereka menghargai sebuah proses untuk mencapai sesuatu.
  • Sumber stres anak justru berasal dari ketegangan orang tua. Ketegangan ada orang tua yang berlebihan akan berpengaruh pada anak yang membuat tidak nyaman dan bisa menghambat kegiatan anak. Solusinya : Dengan berdiskusi dengan anak bagaimana cara mengelola waktu belajar sekaligus bermain akan mengurangi ketegangan yang dirasakan. Misalnya jadwal anak untuk belajar dari hari senin sampai hari jumat. Sedangkan hari sabtu dan minggu waktu yang khusus untuk bermain saja.
  • Orang tua tidak bisa mengendalikan stres dan ketegangan mereka. Orang tua yang stres menambah ketegangan anak saat akan menghadapi ujian. Solusinya : Dengan menenangkan diri emosi orang tua akan terkontrol. Orang tua sebaiknya bisa mengendalikan diri saat mengalami stres, supaya tidak memarahi anak dan mengatur anak sampai kehilangan waktu bermainnya, karena anak tetap membutuhkan aktivitas yang lain seperti bermain disamping harus belajar.
  • Orang tua yang tegang jelang anak ujian biasanya hanya membahas seputar ujian. Saat ngobrol denan anak yang hanya membahas soal pelajaran saja akan membuat anak tambah stres. Solusinya : Bicarakan banyak hal pada anak saat menjelang ujian. Seperti membahas tentang sekolah lanjutan, teman baru disekolah baru. Orang tua bisa mengarahkan anak untuk fokus pada tujuan yang ingin dicapai supaya masuk di sekolah favorit. Berikan motivasi dan semangat pada anak agar kepercayaan diri ┬áterus tumbuh dalam dirinya.

Post Comment