Wednesday, 24 October 2018
Seputar Rumah

Cara Mudah Mencegah Rayap Tidak Kembali Lagi

Cara Mudah Mencegah Rayap Tidak Kembali Lagi

Pengendalian rayap memang bertujuan untuk mebasmi rayap secara tuntas. Tetapi meski sudah dilakukan pengendalian rayap di rumah terkadang masih saja rayap kembali lagi menyerang. Tentunya kita tidak  mau bukan, jika rayap yang sudah berhasil kita lenyapkan datang lagi ? Nah, untuk mengatasinya kita harus melakukan upaya agar rayap tidak menyerang lagi.

Berikut ini ada cara mudah mencegah rayap tidak kembali lagi yang harus diketahui :

  • Melakukan monitoring atau inspeksi secara rutin. Meski pengendalian rayap sudah dilakukan tetap harus dilakukan monitoring secara rutin, sehingga kita bisa segera mengetahui jika rayap kembali lagi.
  • Selalu membersihkan area rumah dari barang-barang yang menumpuk, misalnya kardus atau buku-buku yang tersimpan di dalam ruangan lembab dan tertutup. Jika barang-barang tersebut masih dipakai simpanlah dengan rapi di tempat yang tepat, tetapi jika sudah tidak terpakai sebaiknya segera dibuang.
  • Pastikan tidak ada tumpukan barang-barang, misalnya sisa-sisa kayu di sekeliling rumah. Karena akan memancing datangnya rayap beserta koloninya kembali lagi menyerang rumah kita. Jika memang sudah tidak terpakai sebaiknya dibersihkan dan segera dibuang.
  • Jemur furnitur yang diserang rayap dibawah terik matahari untuk menghilangkan rayap yang datang lagi.
  • Saat menebang pohon buang sampai ke akarnya, pastikan tidak ada akar yang tertinggal di dalam tanah, karena akar yang tertinggal akan menjadi makanan rayap.
  • Bersihkan lemari dan tempat gelap lainnya secara rutin dengan cara rajin memeriksa barang-barang yang tersimpan di dalamnya kemudian rapikan kembali secara berkala untuk mencegah datangnya rayap kembali.

Nah, itulah cara untuk mencegah datangnya rayap kembali. Mudah bukan ?

Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Amiiin…..

Post Comment