Wednesday, 15 August 2018
Lifestyle Seputar Rumah

Ciri-Ciri Rumah Yang Sehat

Ciri-Ciri Rumah Yang Sehat

Rumah sehat adalah sebuah tempat yang bisa digunakan untuk beristirahat dan berlindung bagi penghuninya dari pengaruh keadaan lingkungan sekitar, misalnya panas dan hujan.

Sebuah rumah bisa dikatakan sebagai rumah sehat, jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki komponen rumah sehat, misalnya : dinding rumah, ventilasi, lantai, langit-langit, dan pencahayaan yang baik.
  • Dinding rumah. Dinding rumah yang baik yaitu dinding yang tegak dan kuat menahan tekanan angin. Dinding rumah sehat harus memiliki lapisan kedap air, supaya air tanah tidak meresap ke dinding yang menyebakan lembab, basah dan berlumut.
  • Ventilasi. Ventilasi yang baik tanpa penghalang harus ada dalam rumah sehat, agar udara yang bersih dan segar bisa masuk dan udara kotor bisa keluar dengan mudah. Ukuran luas lubang ventilasi minimum 10 % dari luas lantai ruangan.
  • Lantai. Lantai yang baik terbuat dari material yang kuat, tidak licin, mudah dibersihkan, dan stabil jika diinjak kaki. Tinggi lantai kira-kira 20 cm dari permukaan tanah untuk mencegah air diluar tidak masuk kedalam rumah.
  • Langit-langit. Langit-langit sebuah rumah sehat harus menutup semua kerangka atap rumah supaya bisa menahan kotoran dan debu yang jatuh, juga yang mudah dibersihkan tentunya.
  • Pencahayaan. Rumah sehat harus memiliki pencahayaan yang baik, yaitu cahaya alami dan cahaya buatan. Cahaya alami dari sinar matahari berfungsi untuk mengurangi kelembapan udara dan membunuh kuman. Cahaya buatan berasal dari lampu listrik yang digunakan pada malam hari.

2. Pembagian ruangan. Rumah sehat memiliki pembagian ruangan yang sesuai dengan fungsi masing-masing ruangan.

  • Dapur. Dapur harus memiliki ventilasi yang baik dan ruang tersendiri agar asap dapur tidak mengganggu penghuni rumah.
  • Kamar. Sebaiknya kamar memiliki dinding pembatas yang memisahkan antara kamar tidur orang tua dan kamar tidur anak, terutama jika anak sudah dewasa.
  • Kamar mandi. Kamar mandi sebaiknya memiliki minimal satu lubang ventilasi juga satu lubang pembuangan air.

3. Sanitasi yang baik.

  • Tersedia air bersih. Rumah sehat memiliki sumber air bersih untuk keperluan sehari-hari dan kualitas air yang memenuhi syarat kesehatan juga bisa digunakan untuk memasak. Ciri fisik air bersih adalah jernih, tidak berbau, tidak berwarna, tidak tercemar bahan kimia, dan tidak mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.
  • Tempat sampah. Rumah sehat memiliki tempat sampah yang baik yaitu terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan bisa ditutup rapat agar tidak mengundang binatang dan serangga seperti lalat, kecoa, tikus dan kucing.
  • Sarana pembuangan kotoran. Rumah sehat memiliki sistem pembuangan limbah rumah tangga yang tidak mencemari lingkungan sekitar, bebas lalat dan tidak berbau.

4. Luas bangunan rumah.

Rumah sehat memiliki luas bangunan yang sebanding dengan jumlah penghuni dan bisa menampung seluruh anggota keluarga. Jika terlalu padat akan menyebabkan kekurangan oksigen di dalam rumah. Selain itu jika salah satu anggota keluarga sakit, anggota keluarga yang lain akan mudah tertular.

5. Perilaku penghuni rumah.

Kebiasaan penghuni rumah seperti membersihkan rumah, membuka jendela, membuang sampah pada tempatnya dan perilaku baik yang lain akan menciptakan rumah yang sehat dan nyaman.

Itulah ciri-ciri rumah sehat. Apakah rumah anda sudah memiliki ciri-ciri diatas dan layak disebut sebagai rumah sehat ?

Wassalam….

 

Post Comment