Wednesday, 15 August 2018
Food

Fakta Dan Mitos Telur Yang Penting Untuk Diketahui

Fakta Dan Mitos Telur Yang Penting Untuk Diketahui

Telur merupakan makanan yang sering kita temukan pada menu makanan sehari-hari selain nasi. Ya.. telur sangat praktis untuk disajikan, tinggal direbus atau digoreng sudah bisa untuk lauk pelengkap nasi. Selain praktis telur juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan bergizi lengkap. Meski demikian banyak mitos seputar telur yang membuat orang ragu untuk mengonsumsinya. Agar tak ragu untuk mengonsumsi telur, berikut ini ada fakta dan mitos telur yang penting untuk diketahui.

Yuk kita simak !

  • Kuning telur mengandung vitamin A dan banyak nutisi yang diperlukan bagi tubuh. Tetapi kuning telur juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi jika terlalu berlebihan mengonsumsinya. Mengonsumsi telur harus dibatasi karena konsumsi telur yang berlebihan akan memicu penyakit jantung, cukup satu butir sehari.¬† Kuning telur tidak berbahaya bagi kesehatan untuk individu yang sehat. Sebutir telur sehari tidak akan menaikkan kolesterol.
  • Protein dalam putih telur atau albumin merupakan protein yang cukup baik jika dilihat dari kelengkapan asam amino dan keterserapan proteinnya. Kelengkapan asam amino dalam putih telur merupakan point penting. Biasanya beberapa asam amino atau asam amino esensial harus diperoleh dari makanan. Jika kamu memerlukan protein yang lebih, mengonsumsi putih telur¬† bisa dijadikan sebagai pilihan.
  • Telur mentah lebih baik daripada telur matang adalah mitos. Biasanya mitos ini untuk telur ayam kampung yang jika dimakan mentah lebih segar sehingga akan menyehatkan. Tetapi anggapan ini ternyata salah. Berdasarkan penelitian telur yang sudah dimasak lebih mudah dicerna 94%, sebaliknya telur yang masih mentah hanya bisa dicerna 65% saja. Tidak hanya itu, telur mentah juga beresiko terkontaminasi kuman salmonella penyebab penyakit typus. Ihh…. ngeri ya… Untuk itu lebih baik makan telur yang sudah dimasak kerena lebih aman.

Nah, kalo sudah mengetahui fakta dan mitos tentang telur tidak akan ragu lagi untuk makan telur bukan ?

Post Comment