Wednesday, 15 August 2018
Hobby

Faktor Penyebab Tabulampot Tidak Berbuah

Faktor Penyebab Tabulampot Tidak Berbuah

Meski usia tabulampot sudah tua dan waktunya untuk berbuah, kadang tanaman buah dalam pot tak kunjung berbuah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ada beberapa faktor yang menyebabkan tanaman buah dalam pot tidak berbuah.

Berikut faktor penyebab tabulampot tidak bebuah yang perlu anda ketahui :

  • Tabulampot kurang mendapatkan cahaya matahari. Cahaya matahari sangat diperlukan oleh tanaman untuk melakukan proses fotosintesis dan pembuahan. Begitu juga dengan tanaman buah dalam pot yang diletakkan didalam ruangan sebagai elemen dekoratif, harus mendapatkan cukup sinar matahari. Tabulampot yang diletakkan dalam ruangan, sebaiknya tabulampot yang sudah berbuah, dan penempatannya didesain sedemikian rupa agar tabulampot cukup mendapatkan cahaya matahari. Tabulampot yang kurang mendapatkan cahaya matahari hanya akan bertahan satu minggu. Jika tabulampot berada diruang ber-AC hanya akan bertahan 3 hari. Tanaman akan kering karena udara yang dingin, untuk memulihkan kesegarannya, tabulampot bisa dipindahkan ke tempat yang cukup mendapatkan cahaya matahari penuh selama satu minggu.
  • Kurangnya unsur hara pada media tanam. Saat proses pembuahan, tabulampot membutuhkan unsur hara yang merupakan formula yang diperlukan untuk proses fotosintesa. Proses pembuahan sangat memerlukan unsur fosfor. Dengan memberikan pupuk kandang dan NPK atau pupuk buatan sendiri unsur hara yang dibutuhkan akan terpenuhi.
  • Bibit tabulampot berasal dari indukan yang mandul atau tidak berbuah. Saat memilih bibit, sebaiknya pilih bibit tabulampot yang jelas ┬áberasal dari indukan yang bagus dan jelas sudah berbuah.
  • Tabulampot kelebihan pupuk N (Nitrogen). Kelebihan pupuk Nitrogen membuat tanaman menjadi rimbun sehingga mengganggu pertumbuhan generatifnya. Untuk itu perlu dilakukan pemangkasan dahan dan pengurangan daunnya.
  • Tanaman berumah dua. Tabulampot memerlukan tepung sari dari tanaman lain agar bisa berbuah. Penempatan tabulampot harus berdampingan dengan tanaman yang sama untuk menghasilkan tepung sari dengan penyerbukan buatan.
  • Agroklimat yang tidak sesuai dengan jenis tanaman. Agar tanaman berbuah dengan kualitas yang bagus dan enak dipandang, unsur makro dan mikro harus saling mendukung.

Itulah artikael tentang faktor penyebab tabulampot tidak berbuah, semoga bermanfaat.

Post Comment