Monday, 22 October 2018
Business

Jenis- Jenis Pakan Kambing

Jenis- Jenis Pakan Kambing- Dalam pemberian pakan kambing adalah persoalan yang mudah didapat. Akan tetapi keterssediaan pakan kambing cenderung berfluktuasi, berlimpah saat musim hujan dan langka saat musim kemarau. Peternak kambing komersial harus bisa mengantisipasi hal- hal tersebut dengan tepat. Karena pakan adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan bisnis ternak kambing. Oleh sebab itu harus memperhatikan dalam memberikan pakan ternak, pakan harus sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh kambing itu sendiri. Berikut ini adalah jenis- jenis pakan kambing, diantaranya yaitu:

Pakan Hijauan Segar- Hijauan segar merupakan pakan yang diberikan dalam keadaan segar, biasanya terdiri dari rumput- rumputan, biji- bijian (kacang- kacangan) dan daun- daunan. Pakan hijauan ini mengandung karbohidrat dalam bentuk gula yang sederhana, pati dan fruktosa yang memiliki peran untuk menghasilkan energi.

  • Rumput-rumputan. Jenis rumput yang biasa diberikan adalah rumput gajah, rumput benggala, rumput setaria, rumput brachiaria, rumput mexico dan rumput biasa yang tumbuh liar.
  • Kacang- kacangan. Jenis kacang- kacangan seperti lamtoro, centro dan jenis kacang- kacangan yang lain.
  • Daun- daunan. Daun pisang, daun nangka, daun petai dan jenis daun yang lain yang bisa dimakan.

Jerami dan Hijauan Kering- Semua jenis jerami atau pakan hijauan pakan ternak yang dipotong dan dikeringkan terlebih dahulu. Kandungan serat kasar lebih dari 18% (jerami, hay, dan kulit biji kacang- kacangan).

Silase- Silase merupakan pakan ternak hijauan yang disimpan dalam bentuk masih segar, yang berasal dari tanaman sebangsa padi- padian dan rumput- rumputan. Jenis pakan ini biasanya untuk persediaan pakan.

Konsentrat- Konsentrat digunakan untuk membantu meningkatkan produksi kambing, untuk menambah berat badan anak kambing dan juga menambah produksi susu kambing. Para peternak biasa menggunakan konsentrat lokal yang didapat dari limbah pertanian, seperti dedak padi, jagung giling, bungkil kelapa, singkong, garam dan mineral.

 

Post Comment