Wednesday, 15 August 2018
Food Makanan Sehat

Jenis Makanan Yang Bisa Meredakan Stres

Jenis Makanan Yang Bisa Meredakan Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres. Stres bisa dialami karena beberapa hal, misalnya karena pikiran dan banyaknya masalah yang dihadapi. Selain faktor dari luar pemicunya seperti kerjaan yang menumpuk, stres juga bisa disebabkan oleh faktor dari diri kita sendiri. Kurangnya kadar asam folat merupakan salah satu faktor dari dalam yang bisa memicu datangnya stres.

Saat sedang mengalami stres sebagian orang jadi doyan makan, tetapi ada juga yang malah tidak nafsu makan sama sekali. Banyak orang memilih junk food seperti es krim, donat, atau cookies saat sedang stres, padahal itu tidak dianjurkan. Karena ada jenis makanan yang lebih baik dari junk food dan pastinya lebih sehat. Selain bisa membantu meredakan stres, jenis makanan tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh.

Lalu apa sajakah jenis makanan tersebut ?

  • Cokelat hitam. Cokelat hitam mengandung resveratrol yang merupakan antioksidan untuk memperbaiki sistem imun. Senyawa tersebut bisa meningkatkan produksi endorfin pada otak yang merupakan target dari obat-obatan anti depresi. Selain itu cokelat hitam juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan mood.
  • Susu. Susu merupakan pilihan minuman terbaik saat sedang stres dibanding minuman yang lain, seperti kopi, teh atau soda. Karena susu mengandung antioksidan, vitamin B12, vitamin B2, protein dan kalsium yang bisa membantu meredakan stres.
  • Sereal. Menikmati semangkok sereal bisa membantu mengurangi stres, karena sereal mengandung vitamin dan asam folat.
  • Kacang almond. Meski kacang almond mengandung lemak, tetapi bisa dijadikan pilihan untuk camilan saat sedang stres, karena kandungan lemaknya merupakn lemak tak jenuh yang baik. Kacang almond juga mengandung zinc dan magnesium yang bisa membantu mengurangi stres.
  • Telur. Telur mengandung nutrisi lengkap seperti kalsium, protein, vitamin A, vitamin D, riboflavin, dan pantotenik yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi stres.
  • Ikan salmon. Salmon mengandung nutrisi tripofan yang merupakan zat ampuh untuk menghilangkan stres.
  • Biji labu. Biji labu mengandung magnesium cukup tinggi yang baik untuk meredakan stres. Mengkonsumsi seperempat mangkok biji labu bisa memenuhi setengah kebutuhan magnesium dalam sehari.
  • Avokad. Avokad merupakan buah yang tidak hanya lezat rasanya tetapi juga sehat. Kandungan lemaknya merupakan lemak sehat. Makan satu buah avokad dalam sehari bisa membantu mengurangi stres.
  • Pepaya. Pepaya tidak hanya bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan saja, tetapi buah ini juga mengandung nutrisi yang bisa membantu mengurangi stres.

Itulah jenis makanan yang bisa dijadikan pilihan konsumsi untuk meredakan stres.

Semoga bermanfaat ya…..

Post Comment