Wednesday, 15 August 2018
Health

Manfaat Bumbu Dapur Untuk Kesehatan

Manfaat Bumbu Dapur Untuk Kesehatan

Di Indonesia terdapat banyak sekali macam bumbu dapur dan rempah-rempah yang bisa didapatkan. Bumbu dapur dan rempah-rempah biasanya digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma pada masakan. Tanpa bumbu dapur masakan berasa hambar atau tidak ada rasanya. Selain menambah cita rasa dan aroma pada masakan ternyata bumbu dapur juga bermanfaat untuk kesehatan. Apa sajakah itu ?

Berikut ini adalah beberapa bumbu dapur yang bermanfaat untuk kesehatan :

  • Kunyit. Saat ini kunyit atau turmeric sedang naik daun. Kunyit dikenal sebagai bumbu masakan seperti kare, soto, rendang dan masih banyak lagi. Selain untuk bumbu masakan kunyit juga bisa dicampurkan pada minuman seperti smoothies dan teh. Banyak juga produk kecantikan yang bahan dasarnya mengandung kunyit. Kunyit digunakan sebagai ramuan detoks, karena bersifat anti septik, kaya anti oksidan, meluruhkan lemak, dan mendinginkan suhu tubuh. Untuk mengobati jerawat kunyit bisa diaplikasikan secara langsung yang akan meberikan efek meredakan kemerahan dan membuat kulit lebih bercahaya. Caranya untuk penggunaan pada kulit gunakan kunyit sedikit saja. Sebaiknya lakukan patch test dibelakang telinga dulu sebelum diaplikasikan.
  • Jahe. Gak kalah terkenal dari kunyit, jahe juga cukup dikenal orang. Jahe merupakan rempah yang mudah didapatkan. Untuk bumbu dapur biasanya jahe digunakan saat memasak daging, ikan atau sup ayam. Jahe memberikan rasa hangat pada tubuh, melancarkan pencernakan, meredakan mual, meredakan flu juga batuk dan masih banyak lagi manfaat jahe untuk kesehatan. Selain itu jahe juga bisa diolah menjadi sirup. Caranya dengan diblender bersama air, lalu direbus ditambah gula sampai mendidih, kemudian disaring. Sirupnya bisa digunakan untuk campuran susu, kopi ataupun teh.
  • Kayu manis. Selain kunyit dan jahe kayu manis juga menjadi salah satu primadona didunia perbumbuan. Kayu manis bisa digunakan pada masakan makanan  atau minuman yang manis seperti cokelat hangat, cinnamon tea dan cinnamon roll. Bahkan wangi kayu manis yang eksotis bisa digunakan sebagai aromaterapi. Caranya dengan mengikat beberapa batang mengelilingi lilin atau dengan mencampurkan bubuk kayu manis pada lilin buatan sendiri. Selain itu masih banyak lagi manfaat kayu manis untuk kesehatan. Kayu manis mengandung zat besi, kalsium dan mangan yang diperlukan tubuh. Kayu manis bersifat anti bakteri yang bisa membantu mengatasi berbagai masalah jerawat dengan cara mengaplikasikannya pada kulit. Selain itu kayu manis juga mengandung anti oksidan yang  bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Nah, itulah beberapa macam bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat.

Semoga bermanfaat…

Post Comment