Thursday, 16 August 2018
Food Health

Manfaat Food Combining Vegetarian

Manfaat Food Combining Vegetarian

Pelaku vegetarian masih bisa mengkonsumsi makanan hewani seperti keju, telur ayam kampung, dan yoghurt bersama dengan pati seperti bihun, tepung dan nasi. Tetapi dalam food combining vegetarian tidak dianjurkan. Karena jika kedua jenis makanan tersebut dikonsumsi bersamaan akan menyebabkan proses pencernakan dan penyerapan zat-zat makanan dalam protein dan pati tidak berjalan efektif dan membutuhkan enzim cerna dengan kondisi asam dan basa pencernaan yang berbeda. Sehingga akan menghasilkan banyak sisa zat makanan yang tidak dapat dicerna dan akan menjadi toksin atau zat racun.

Menu vegetarian biasanya menggunakan produk makanan daging tiruan TVP (Textured Vegetable protein) yang terbuat dari limbah kedelai dan sudah diambil minyaknya. TVP bertekstur seperti daging cincang. Tetapi dalam Food Combining Vegetarian tidak disarankan menggunakan TVP, karena TVP sudah diolah dengan tambahan makanan buatan agar tercipta rasa dan tampilan yang seperti daging.

Begitu juga dengan penambahan MSG (monosodium glutamat) kedalam menu makanan merupakan hal yang biasa. Apalagi menu hidangan vegetarian Cina yang cenderung menggunakan MSG secara berlebihan sebagai penguat rasa makanan. Dalam Food Combining Vegetarian penggunaan bahan tambahan makanan atau food additives sebaiknya tidak dilakukan. Tetapi kelezatan makanan pada FC vegetarian ini dikonsentrasikan pada sifat alami, ketrampilan dan kreativitas dalam memasak tanpa bahan tambahan makanan seperti penguat rasa.

Selain itu konsumsi makanan olahan seperti mi instan dan sayuran kalengan yang diperbolehkan dalam vegetarian, tidak disarankan untuk penerapan FC vegetarian. Makanan olahan sudah kehilangan zat-zat yang terkandung didalamnya seperti vitamin, enzim dan antioksidan. Selain penguat rasa (MSG) makanan olahan seperti kalengan juga mengandung pengawet, pewarna dan bahan tambahann lainnya. Bahan tambahan pada makanan akan membebani kerja ginjal yang sangat merugikan kesehatan tubuh tentunya.

Penerapan Food Combining Vegetarian bermanfaat memberikan antioksidan yang berlimpah, yang berupa vitamin, antioksidan, enzim, dan senyawa fitonutri didalam tubuh. Karena dalam FC Vegetarian diwajibkan mengkonsumsi buah-buahan segar dari pagi sampai 30 menit sebelum makan siang. Selain itu mengkonsumsi sayuran mentah yang berupa salad, jus sayuran dan lalapan juga dianjurkan.

Buah dan sayuran segar mengandung berbagai macam vitamin dan antioksidan. Hampir semua sayur dan buah-buahan segar yang dikonsumsi tanpa dimasak kaya akan senyawa fitonutri.

Post Comment