Wednesday, 15 August 2018
Health

Mengajak Anak Olahraga Sejak Usia Bayi

Mengajak Anak Olahraga Sejak Usia Bayi

Berolah raga sangat baik untuk segala usia. Banyak manfaat yang didapat jika olah raga diajarkan pada anak sejak usia bayi, terutama manfaat kesehatan. Dengan berolah raga tubuh akan sehat, kuat dan tidak mudah terkena penyakit. Kemampuan motorik anak akan berkembang dengan baik dengan berolah raga. Selain kesehatan fisik, mental anak juga menjadi kuat jika terbiasa berolah raga.

Saat berolah raga banyak gerakan yang bisa dilakukan dan sarat-saraf menjadi aktif sehingga bisa mudah mengingat sesuatu. Kuncinya saat beraktifitas fisik usahakan menciptakan suasana yang ceria, sehingga terekam dibenak anak bahwa olah raga adalah sesuatu yang menyenangkan bagi mereka. Anak-anak akan terus melakukan olah raga jika mereka menikmatinya.

Mengajak anak untuk berolah raga bisa dimulai sejak usia bayi yang disesuaikan dengan tahapan usianya.

  • Bayi ( 0-2 tahun ). Bisa diawali dengan menggerakkan tangan seperti bertepuk tangan, memegang, mengambil   sesuatu dan bergerak mengikuti irama lagu. Mengajak anak berolah raga atau beraktivitas fisik sama saja dengan mengajaknya bebas untuk bermain, namun harus tetap memperhatikan keamanannya.
  • Usia ( 3-5 tahun ). Perkembangan motorik halus maupun kasar dan kemampuan menyeimbangkan tubuh pada usia ini masih terbatas. Anak belum fokus dan kemampuan untuk merespons sesuatu masih terbatas. Olah raga ringan dengan aspek permainan yang menggembirakan sangat tepat untuk anak usia 3-5 tahun, seperti : jalan kaki, berlari, bersepeda, menangkap, melempar bola, bersepeda dan berenang. Permainan ini bisa dilakukan selama 180 menit dengan cara dibagi waktunya setiap hari.
  • Usia ( 6-9 tahun ). Pada usia ini perkembangan motorik dan keseimbangan tubuh anak sudah lebih baik. Anak sudah bisa melakukan olahraga dengan berkompetisi. Kenalkan pada anak gerakan-gerakan dasar dngan aturan fleksibel dan instruksi yang singkat. Olahraga yang bisa dilakukan, yaitu : sepak bola, basket, lari, renang, dan gimnastik.
  • Usia ( 10-12 tahun ). Pada usia ini kemampuan motorik anak sudah kompleks dan berkembang lebih baik dari usia sebelumnya. Mereka sudah bisa memilih olahraga mana yang disukainya. Tetapi olah raga bagi mereka masih harus mengutamakan gerakan dasar dan gerakan transisi dengan intensitas ringan. Usia 10-12 tahun sudah bisa dikenalkan pada olah raga yang melibatkan beberapa orang dalam permainan. Olah raga ini bisa dilakukan setiap hari minimal 60 menit.

Post Comment