Wednesday, 24 October 2018
Food

Mengenal Cabai Yang Rasa Pedasnya Bikin Nagih

Mengenal Cabai Yang Rasa Pedasnya Bikin Nagih

Cabai atau Cayenne pepper merupakan tanaman yang berasal dari  Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman cabai memiliki buah yang bisa digolongkan sebagai sayuran atau bumbu. Dalam bahasa jawa cabai biasa dikenal dengan sebutan lombok. Cabai mengandung capsaicin yaitu senyawa yang menimbulkan rasa panas dan pedas. Senyawa capsaicin membuat sensasi rasa yang berbeda dalam olahan makanan yaitu rasa pedasnya. Selain rasa pedasnya bikin nagih warna merah cabai juga menambah selera makan.

Harga cabai sempat mengalami kenaikan yang cukup melonjak beberapa waktu yang lalu. Meski begitu para ibu rumah tangga tetap membelinya. Mengapa ? Karena sambal menjadi menu wajib bagi mayoritas orang indonesia saat menyantap hidangan. Banyak sekali masakan  khas Indonesia yang dihidangkan bersama sambal sebagai pelengkapnya, seperti: ayam goreng, mie ayam, bakso, soto, sate, sayur asem dan masih banyak lagi. Hidangan tersebut serasa tidak lengkap dan kurang sedap jika dinikmati tanpa sambal.

Karena sambal menjadi menu wajib pada menu hidangan orang Indonesia, maka tak heran banyak sekali jenis sambal yang kita kenal dari jenis cabai yang bermacam-macam. Ada sekitar 35 macam sambal yang kita kenal dari berbagai daerah di Nusantara, seperti, sambalado dan sambal hijau dari daerah Sumatera Barat, sambal tempoyak dari Sumatera Selatan, sambal matah dari Bali, sambal dabu-dabu dari Sulawesi Utara, sambal tempoyak dari Sumatera Selatan, sambal terasi dan masih banyak lagi sambal lainnya.

Selain menambah selera makan, ternyata cabai juga bermanfaat bagi kesehatan dan antimikroba. Cabai mengandung banyak nutrisi yang baik. Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa cabai dapat digunakan untuk mengobati kanker. Setelah distimulasi dengan capsaicin pertumbuhan sel kanker akan mengalami penurunan secara signifikan. Cabai mengandung flavanoid dan karotenoid yang merupakan senyawa pemberi warna merah. Keduanya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan juga sebagai antioksidan.

Nah, itulah cabai yang kita kenal. Dibalik rasa pedasnya yang bikin nagih cabai juga bermanfaat untuk kesehatan.

Post Comment