Wednesday, 15 August 2018
Hobby

Mengenal Tanaman Cantik Adenium

Mengenal Tanaman Cantik Adenium

Ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan adenium adalah ” cantik dan mempesona”. Ya, tak hanya bunganya yang cantik, adenium juga merupakan tanaman hias berbonggol dan berakar menarik. Dengan bonggol yang besar, adenium bisa dibentuk bonsai. Sedangkan akarnya bisa dililit atau ditonjolkan keluar seperti kepang rambut. Dengan tajuk yang rimbun dan bunga yang berwarna-warni membuat adenium tampil begitu artistik.

Karena tampilannya yang  artistik dengan bunga-bunga cantik dan memiliki daya tahan hidup yang tinggi, adenium bisa dijadikan sebagai bingkisan istimewa seperti parcel. Selain merupakan tanaman yang tahan banting, perawatan adenium juga tergolong mudah tidak seperti perawatan tanaman hias lain yang memerlukan perawatan intensif.

Adenium yang cantik dalam pot bisa kita tata diteras rumah sedemikin rupa sehingga akan mempercantik teras rumah kita. Selain itu bisa ditempatkan dihalaman rumah untuk menambah taman tampak istimewa. Misalnya kita letakkan adenium dengan bunga cerah dan kompak dihalaman dengan hamparan rumput yang hijau akan menambah keindahan halaman rumah.

Tidak hanya sebagai tanaman hias, si cantik adenium juga termasuk tanaman obat. Getah adenium bisa digunakan sebagai obat penyembuh luka biasa bahkan luka akibat gigitan kalajengking dan ular. Jangan sampai getah adenium tertelan karena mengandung racun crystalline glycoside. Getah ini yang merupakan penyembuh luka dan membuat luka cepat kering.

Selain menghias teras dan pekarangan rumah, adenium juga bisa sebagai penghias ruangan. Adenium yang diletakkan dalam ruangan harus yang sudah dewasa dan sudah berbunga mekar minimsl 3-4 bunga, karena bunga masih kuncup akan sulit mekar jika sudah berada dalam ruangan. Keindahan bunga adenium bisa dinikmati maksimal 4 hari didalam ruangan, setelah itu adenium harus dikeluarkan lagi dan diberi pupuk supaya berbunga lagi.

 

Post Comment