Wednesday, 24 October 2018
Health Lifestyle

Menu Diet Sehat Dan Tepat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Menu Diet Sehat Dan Tepat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Untuk memiliki tubuh yang ideal kita tidak harus melakukan serangkaian aturan diet yang ketat. Kita bisa memulai dengan hidup sehat dengan menerapkan menu diet sehat untuk memiliki tubuh yang ideal. Dengan mengetahui ragam menu diet harian bisa membantu mengontrol tiap kalori yang masuk ke dalam tubuh kita. Menjaga dan mengontrol jumlah kalori yang masuk merupakan hal yang penting jika menginginkan diet kita berhasil.

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Seorang wanita yang sedang diet, hanya memerlukan 1500 kalori/hari untuk menurunkan 1/2 kg dalam seminggu. Sedangkan pria hanya perlu 2000 kalori/hari.

Berikut ini adalah menu sehat dan tepat yang bisa dilakukan di rumah dimulai dari sarapan hingga makan malam :

  • Sarapan. Melewati sarapan setiap hari tidak dianjurkan. Karena itu jangan sampai tidak sarapan jika ingin tubuh yang sehat. Makan semangkuk sereal dengan taburan susu tanpa lemak dan kismis bisa dijadikan pilihan untuk memulai hari sebagai menu sarapan. Selain itu makan omelet telur dan sayuran seperti bayam, wortel dan brokoli yang ditumis dengan minyak rendah kolesterol juga bisa dijadikan pilihan untuk menu sarapan. Atau bisa juga makan selembar roti gandum yang dioles selai buah dan satu buah pisang berukuran kecil.
  • Makan siang. Sandwich atau roti gandumĀ  yang ditambah daging ayam atau sapi panggang sebagai protein ditambah sayuran tomat, selada dan saus mustart bisa dijadikan sebagai menu pilihan untuk makan siang. Untuk melengkapi sandwich bisa ditambahkan 170 gram kentang rebus atau panggang.
  • Makan Malam. Untuk menu makan malam akhiri dengan asupan vitamin dan karbohidrat sehat. Misalnya membuat tumis sawi manis, paprika, tahu dan semangkuk nasi merah. Bisa juga ditambah minum satu gelas teh lemon.
  • Camilan. Jika disela-sela makan malam terasa lapar bisa makan buah-buahan seperti apel, pisang dan strawbery.

Selain itu selama menjalani proses diet ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar dietnya berhasil. Apa sajakah itu ?

  • Makanan yang mengandung pemanis buatan. Sebaiknya menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan seperti sakarin, aspartam, siklamat, dan sucralose karena bisa menyebabkan penyakit jantung dan meningkatkan resiko penyakit obesitas.
  • Makanan dan minuman yang mengandung gula. Makanan yang mengandung gula tinggi sebaiknya dihindari saat sedang menjalani diet. Seperti : permen, es krim dan minuman bersoda. Makanan dan minuman yang tinggi gula mengakibatkan penurunan hormon yang mengontrol rasa kenyang yaitu leptin. Saat tubuh kekurangan hormon leptin membuat konsumsi k berpikir bahwa tubuh memerlukan kalori lebih banyak.
  • Makanan olahan. Sebaiknya menghindari makanan yang melalui proses pengolahan misalnya daging asap atau mie instan.

Diet sehat ini tidak akan berhasil jika hanya dilakukan sementara. Diet sehat akan berhasil maksimal jika diimbangi dengan mengkonsumsi menu diet sehat dan olah raga secara rutin.

 

Post Comment