Monday, 22 October 2018
Business Hobby

Peralatan Kandang Kambing Biasa Digunakan

Peralatan Kandang Kambing Biasa Digunakan- Peralatan kandang kambing gunanya untuk menunjang dan memperlancar aktivitas dalam berternak. Berikut ini adalah contoh peralatan kandang kambing yang biasa digunakan.

Alat Kesehatan

Peternakan harus dilengkapi dengan alat- alat kesehatan, seperti spuit dengan jarumnya yang gunanya untuk pemberian obat dan vitamin, termometer, seperangkat alat bedah (pisau, gunting scslpel, pinset ) yang gunanya untuk membedah bisul atau abses atau bisa jadi mengautopsi ternak yang mati.

Timbangan TernakĀ 

Timbangan ternak digunakan untuk mengukur berat badan ternak saat lahir atau berat pada saat- saat tertentu. Timbangan juga digunakan pada saat ternak dijual berdasarkan berat badan, timbangan berfungsi untuk melakukan pencatatan terhadap kinerja ternak.

Timbangan Pakan

Timbangan pakan berguna untuk mengukur porsi yang pas untuk diberikan kepada ternak untuk menghindari pemberian pakan yang berlebih.

Mesin Pemotong Rumput atau chopper

Untuk meningkatkan efisiensi konsumsi dalam memberikan pakan hijauan khususnya rumput, seperti rumput gajah ataupun rumput raja sebaiknya dipotong terlebih dahulu. Pemotongan bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan pisau ataupun parang, akan tetapi jika ternak dalam skala jumlah besar bisa menggunakan mesin pemotong rumput atau chopper untuk mempercepat dan memperlancar aktivitas tersebut. Biasanya pencacahan rumput ukurannya 3- 5 cm.

Drencher

Alat ini digunakan dalam memberikan obat melalui mulut, seperti misalnya obat cacing atau obat lainnya yang berbentuk cair. Alat ini bisa juga digantikan dengan spuit.

Mesin Pencampur Pakan Konsentrat Atau Mixer

Alat ini digunakan untuk mencampur beberapa bahan pakan dalam ketika membuat pakan konsentrat. Pencampuran bahan pakan bisa dilakukan secara manual, akan tetapi hasilnya kurang merata, terutama jika mencampur jumlah pakan yang sedikit, seperti contohnya mineral dan vitamin. Jika pakan konsentrat diperoleh dari pabrik maka mixer sudah tentu diperlukan.

Gunting KukuĀ 

Kuku yang panjang akan mengganggu pergerakan atau aktivitas hewan ternak, oleh karena itu penting untuk menggunting kuku secara periodik dengan menggunakan pemotong kuku khusus untuk ternak.

Peralatan KebersihanĀ 

Untuk menjaga kebersihan kandang perlu digunakan sapu, sekop, cangkul dan alat- alat kebersihan yang lain agar kebersihan kandang dan lingkungan sekitar kandang senantiasa terjaga.

Adapun fasilitas pendukung yang lain seperti freezer untuk menyimpan susu, alat transportasi telepon dan listrik berguna juga untuk menunjang dalam kegiatan atau aktivitas dalam berternak.

Post Comment