Thursday, 16 August 2018
Business Hobby

Perlengkapan Kandang Kambing

Perlengkapan Kandang Kambing- Untuk menunjang setiap kegiatan dalam berternak, setiap kandang harus dilengkapi dengan perlengkapan dan peralatan yang memadahi agar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara baik dan efisien. Berikut ini adalah jenis perlengkapan yang harus ada di kandang kambing:

Tempat Pakan

Tempat pakan bisa anda buat dari kayu atau bambu yang dibelah. Tempat pakan bisa diletakkan di luar kandang atau dalam kandang dengan menempel pada dinding kandang. Ukurannya lebar bawah bak pakan 30- 40 cm, kedalaman bak 20- 25 cm, dengan ketinggian bak bisa 50- 60 cm, sedangkan panjang bisa disesuaikan dengan panjang kandang.

Tempat Minum

Air harus selalu tersedia di dalam kandang, tempat air bisa dengan ember plastik yang diletakkan pada pojok tempat pakan. Di peternakan modern biasanya tempat air atau minum dibuat secara otomatis, air akan tersedia setiap saat tanpa harus membersihkan dan mengisi kembali tempat minum tersebut, dalam hal ini diperlukan menara air dan instalasi air.

Tempat Penyimpanan Pakan (Gudang)

Gudang sangat berguna untuk menyimpan pakan ternak yang belum disajikan, seperti konsentrat atau bisa juga pakan hijauan. Tujuan penyimpanan ini untuk menghindari pakan dari kerusakan seperti tercemar kotoran ternak, kehujanan dan lain sebagainya.

Tempat Kotoran/ KomposĀ 

Kotoran pada kandang panggung akan tertumpuk pada kolong lantai kandang. Supaya kotoran dapat jatuh ke kolong kandang sebaiknya lantai kandang diatur tidak terlalu rapat. Kotoran tersebut tentunya akan sangat mengganggu kesehatan jika dibiarkan tanpa penanganan. Agar mudah dibersihkan lantai pada kolong kandang sebaiknya dibuat miring.

Saluran Pembuangan Kotoran

Saluran pembuangan kotoran dibuat untuk mempermudah dalam membuang kotoran urine. Saluran ini menghubungkan kolong kandang yang dibuat miring dengan penampungan kotoran cair.

Tempat UmbaranĀ 

Kambing bisa anda tempatkan pada kandang umbaran pada saat kandang dibersihkan. Kandang umbaran juga mempunyai fungsi sebagai tempat olahraga agar kambing terjaga kesehatannya.

Penerangan Kandang

Dimaksudkan untuk memperlancar dan mempermudah dalam melakukan pengontrolan pada saat malam hari. Selain itu juga membantu ternak untuk melakukan aktivitas di malam hari.

Post Comment