Monday, 22 October 2018
Business Seputar Rumah

Pilih Beli Rumah Vs Apartemen

Pilih Beli Rumah Vs Apartemen- Tempat tinggal merupakan suatu hal yang penting bagi semua orang, akan tetapi jika kita dihadapkan pada suatu pilihan antara membeli rumah atau apartemen, kadang- kadang bingung untuk memilihnya, karena masing- masing baik rumah maupun apartemen tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu artikel ini yang berjudul ” Pilih beli Rumah Vs Apartemen ” mungkin bisa membantu anda untuk menentukan pilihan. Berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangan:

  1. Lokasi. Lokasi merupakan suatu hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam membeli  sebuah properti. Biasanya lokasi apartemen sangat strategis, hampir semua apartemen dibangun di lokasi yang sangat strategis, dekat dengan gedung perkantoran, mall atau pusat perbelanjaan, pendidikan, rumah sakit dan sebagainya. Jika lokasi adalah pilihan utama bagi anda yang super sibuk maka apartemen bisa menjadi pilihan, karena bisa membantu mobilitas anda dalam bekerja. Sebenarnya rumah bisa juga menjadi pilihan, akan tetapi jika melihat lokasi rumah strategis seperti halnya apartemen harganya biasanya super mahal. Hanya orang tertentu saja yang mampu membelinya.
  2. Harga. Perbedaan harga antara rumah dan apartemen sangat signifikan, jika anda membeli rumah di kota sekitar ibukota, misal di daerah Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang akan jauh lebih murah jika dibandingkan membeli apartemen di daerah Jakarta. Dengan harga tertentu anda bisa mendapatkan rumah yang memiliki ukuran yang luas dari pada ukuran sebuah apartemen.
  3. Nilai Investasi. Dari segi investasi keduanya tentu mempunyai nilai investasi yang menguntungkan. Karena harga properti seiring berjalannya waktu selalu naik, akan tetapi lebih menguntungkan yang mana antara rumah dan apartemen, tentunya hal ini tergantung dari beberapa faktor yang menunjang properti tersebut.
  4. Kenyamanan. Kenyamanan menjadi pertimbangan dalam memilih sebuah tempat tinggal, oleh sebab itu rumah bisa menjadi pilihan yang tepat. Ukuran yang lebih luas daripada apartemen menjadi nilai tersendiri yang membuat anda lebih nyaman, halaman, taman, ruang keluarga, bisa dengan leluasa merenovasi bentuk rumah sendiri sesuai dengan keinginan anda.
  5. Biaya perawatan. Jika tinggal di rumah sering kali ada iuran rutin bulanan seperti kebersihan, keamanan, fogging, iuran kas RT dan lain sebagainya Akan tetapi tinggal di apartemen biayanya lebih mahal karena sudah di akumulasikan, ada juga yang menagih per enam bulan sekali untuk maitenance.
  6. Fasilitas. Tinggal di apartemen memiliki fasilitas lebih lengkap daripada di rumah. Sebagian besar apartemen memiliki fasilitas yang lengkap seperti lapangan tennis, futsal, gym atau fitness center, kolam renang, mall dan lainnya.
  7. Keamanan. Yang namanya musibah atau bencana di manapun bisa saja terjadi, akan tetapi dalam hal ini bencana alam seperti gempa bumi dan kebakaran, di apartemen pastinya lebih rentan, karena ruang gerak yang sempit serta struktur bangunan yang bertingkat- tingkat tentunya lebih berbahaya.
  8. Legalitas. Jika anda membeli rumah tentunya mendapatkan surat hak kepemilikan atau SHM, akan tetapi jika anda membeli apartemen anda akan mendapatkan HGB atau Hak Guna Bangunan. HGB memiliki batas waktu sampai 20 tahun, dan harus diperpanjang jika masa waktunya habis.

Demikian artikel ” Pilih Beli Rumah Vs Apartemen Semoga dapat menjadi rujukan sebelum memutuskan untuk membeli rumah atau apartemen.

 

Post Comment