Wednesday, 24 October 2018
Cemilan Food Resep Makanan

Singkong, Beda Daerah Beda Cara Penyajiannya

Singkong, beda daerah beda cara penyajiannya- Singkong merupakan makan yang populer dari ujung barat sampai timur. Sajian singkong itu sendiri bukan hal baru bagi kita. Singkong tumbuh tanpa mengenal musim dan hal tersebut membuat singkong sebagai komoditas perkebunan yang menguntungkan. Di tiap – tiap daerah dalam hal mengolahnya juga berbeda. Di setiap daerah singkong memiliki nama yang berbeda juga, seperti tela pohong (Jawa), kasapen (Sunda), ubi kayee (Aceh), tela balada (Madura), lame kayu (Makassar), pangala (Papua), dan lainnya. Nah.. . berikut ini beberapa makanan yang terbuat dari singkong, beda daerah beda cara penyajiannya.

Getuk Keju

Tentunya anda tidak asing dengan penganan yang satu ini bukan, getuk yang populer sampai ada sebuah lagu yang berjudul getuk. Penganan dari singkong ini rahasianya terletak pada kelezatan dan teksturnya yang halus, pemilihan singkong dengan kualitas yang bagus, berdaging dan gembur yang pengolahannya sangat mudah saat dimix dengan bahan yang lain. Penganan ini sangat populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Wedang Tapai 

Wedang yang satu ini khas dari Jawa Tengah, Wedang yang sangat cocok di santap saat sore hari, rasanya yang legit dan hangat, kuahnya yang kental yang terbuat dari santan dan gula merah, sebagai penyedap ditambah serai, daun pandan dan jahe merah.

Gangan Darat

Kuahnya terlihat bening, akan tetapi kaya rasa, terutama asam dan pedasnya. Kedua rasa ini memang menjadi cirikhas makanan daerah Belitung, Sumatera Selatan. Rasa pedasnya yang begitu terasa diperoleh dari cabe rawit merahnya, nama gangan darat itu sendiri merujuk pada hewan yang ada di darat seperti kerbau, sapi, ayam dan kambing. Warnanya yang kuning diperoleh dari kunyit.

Kalimbu

Pengolahan penganan yang satu ini sangat mudah, akan tetapi rasanya memberikan sensasi tersendiri, singkong yang diparut yang diolah dengan pisang tanduk, dan dibungkus dengan daun pisang. Sebenarnya hampir sama dengan getuk akan tetapi di Bugis, Sulawesi Selatan menyebutnya kalimbu. Jika di Jawa Tengah biasa disebut getuk kacamata

Onde – Onde 

Jangan berharap makanan ini seperti onde – onde yang kita kenal yang berbalut wijen, justru makanan dari Flores NTT ini malahan lebih mirip klepon dari Jawa Tengah yang berbahan tepung ketan. Akan tetapi di sini menggunakan tepung tapioka dari singkong dan tepung ketan dan tentunya mempunyai sensasi rasa yang berbeda.

Keripik Sanjay 

Memiliki tekstur yang tipis, renyah dan rasanya yang pedas – manis. Pada awalnya singkong terlebih dahulu direndam pada air sirih, lalu digoreng dan dilumuri dengan bumbu halus, panggang lagi agar bumbu lebih melekat. Penganan khas dai Padang Sumatera Barat ini memberikan sensasi rasa pedas dan manis tapi renyah.

Kohu – Kohu

Makanan khas dari Maluku ini layaknya salad singkong dengan tuna dan kelapa parut. Bumbunya dengan terasi menambah cita rasa khas nusantara. Ditambah dengan kemangi dan daun pisang sebagai bungkus menambah keharuman yang dapat menggugah selera makan.

Sup Singkong

Biasanya hidangan sup menggunakan kentang, akan tetapi di Balikpapan Kaltim menggunakan singkong sebagai salah satu bahannya. Rasanya yang gurih dan lezat berasal dari bawang putih dan bawang merahnya. Singkong dipotong – potong terlebih dahulu lalu dikupas, bisa dengan menggunakan daging ayam untuk menambah kelezatan saat disantap.

Demikian artikel mengenai singkong, beda daerah beda cara penyajiannya. Semoga bermanfaat.

Post Comment