Monday, 22 October 2018
Health

Tips Agar Anak Prasekolah Suka Berenang

Tips Agar Anak Prasekolah Suka Berenang

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari berenang, akan tetapi tidak semua anak suka belajar berenang apalagi masih dalam usia prasekolah. Meski anak-anak suka bermain air, tetapi untuk berenang bukan hanya sekedar kontak dengan air. Berenang membutuhkan kemampuan anak untuk bisa menempatkan tubuh dan kadang juga kepalanya masuk ke dalam air. Dengan memasukkan kepalanya dalam air, mereka akan merasakan sensasi seakan-akan tenggelam. Selain itu kadang mengalami pusing akibat masuknya air kesaluran pernafasan. Hal inilah yang merupakan penyebab utama anak takut untuk belajar berenang.

Sebagai orang tua sebaiknya jangan putus asa, karena ada tips agar anak prasekolah tidak takut berenang yang perlu kita terapkan sebagai berikut :

  • Kenalkan anak dengan air dan biasakan bermain di kolam renang. Dengan sering membawa anak dan bermain kekolam renang, akan membuatnya terbiasa dengan air dan kolam renang. Saat bermain dikolam renang sertakan permainanan yang mengharuskan sikecil memasukkan kepalanya ke dalam air, seperti mengabil kelereng yang diletakkan di dalam air. Pastikan anak sudah menguasai teknik menahan napas di dalam air.
  • Ajarkan pemanasan dan celupan kaki. Pakaikan baju renang untuk sikecil sesuai model dan ukuran yang pas untuk dirinya. Sebelum masuk kolam renang ajarkan pada anak untuk melakukan pemanasan dan mencelupkan kaki ke dalam air terlebih dahulu yang kemudian diikuti tubuh dan kepalanya. Pemanasan perlu dilakukan sebelum berenang karena akan membuat otot menjadi lentur. Selain itu jelaskan pula pada anak bahwa tubuh perlu menyesuaikan suhu air dan udara yang berbeda.
  • Mengenalkan ukuran kolam renang. Saat datang kekolam renang sebelum masuk ke dalam air beritahu pada anak kedalaman kolam renang. Batas aman kedalaman kolam renang untuk anak 3-5 tahun maksimal 1 meter. Hal ini berdasarkan tinggi rata-rata anak usia 3-5 tahun yang berkisar antara 90-120 cm.
  • Temani si kecil saat berenang dan ajak teman-teman dekatnya. Saat anak berusia 3 tahun, ia mulai senang bersosialisasi, berkelompok dengan teman sebaya, menirukan hal-hal yang dilakukan orang dewasa dekat yang diidolakannya. Jika orang tua, ayah atau bunda ikut menemani sikecil berenang bersama temam-temannya, akanApalagi jika ia melihat temannya bisa berenang, pasti akan timbul keinginannya untuk bisa berenang pula. Setelah si kecil sudah bisa berenang, orang tua harus tetap memberikan aturan-aturan untuk menjaga keselamatan si kecil di kolam renang.

Dengan berenang, banyak hal positif yang bisa didapat untuk perkembangan sikecil. Nah, tunggu apalagi, mari kita ajarkan anak prasekolah untuk berenang!

Post Comment