Monday, 24 September 2018
Health Lifestyle

Tips Agar Semangat Dan Vit Selama Berpuasa Ramadhan

Tips Agar Semangat Dan Vit Selama Berpuasa Ramadhan

Ramadhan telah tiba ! Ya.. Ramadahan merupakan bulan penuh kebaikan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di Indonesia bahkan diseluruh dunia. Selain bulan kebaikan banyak sekali hikmah yang  bisa kita dapatkan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Setiap perbuatan baik  dan bermanfaat yang kita lakukan saat puasa dibulan Ramadhan bernilai ibadah, bahkan tidur juga menjadi  ibadah. Tapi jangan sampai kita menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan dan tidak bersemangat untuk beraktivitas sehari-hari.

Berikut ini ada beberapa tips agar semangat dan tetap vit selama berpuasa di bulan Ramadhan :

  • Tidur yang cukup. Selama berpuasa tidur bernilai ibadah. Tapi bukan berarti baik untuk bermalas-malasan tidur sepajang hari selama berpuasa dan menjadi alasan untuk menghabiskan waktu. Jangan sampai menghabiskan waktu untuk begadang, karena kita harus bangun untuk makan sahur. Sebaiknya tidur malam lebih awal agar makan sahur tidak terlewatkan. Jika seseorang kurang tidur badan akan terasa lemah dan ini akan berpengaruh pada kinerja otak yang akan menghambat aktivitas sehari-hari.
  • Makan sahur. Makan sahur sangat penting dilakukan agar tetap vit dan bersemangat untuk berpuasa, karena itu jangan sampai melewatkan sahur. Sahur menjadi sumber energi selama berpuasa hingga saat waktunya berbuka.
  • Minum yang cukup. Dengan cukup minum selama berpuasa akan membuat tubuh tetap vit selama berpuasa. Kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi  apalagi saat berpuasa. Pilihlah air mineral saat sahur dan berbuka, meskipun banyak minuman lain yang terlihat lebih menggoda. Selain minum  air mineral, kecukupan cairan tubuh juga  bisa terpenuhi dengan makan sayur dan  buah yang kaya air dan mineral.
  • Memilih makanan yang baik dan sehat untuk  berbuka. Misalnya membatalkan puasa dengan 4 butir kurma dan segelas air. Jika ingin tibuh tetap fit selama berpuasa hindari makan gorengan saat berbuka puasa apalagi yang digoreng dengan minyak yang banyak, karena makan gorengan saat berbuka akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat.
  • Olah raga. Melakukan olah raga saat berpuasa sangat dianjurkan agar tubuh tetap vit dan bersemangat selama berpuasa. Tentunya dengan olah raga ringan yang bisa dilakukan siang atau sore hari tergantung kondisi tubuh saat itu.

Nah, itulah tips agar semangat dan vit sepanjang hari meski sedang berpuasa.

Semoga bermanfaat ya….

Post Comment