Wednesday, 15 August 2018
Lifestyle

Tips Atasi Stres Jelang Ujian Sekolah

Tips Atasi Stres Jelang Ujian Sekolah

Menjelang ujian menjadi saat yang menegangkan bagi anak-anak. Kita sebagai orang tua sebaiknya berusaha tenamg dan tidak terpengaruh dengan keadaan tersebut. Jika orang tua terpengaruh dan ikut tegang, akan membuat anak menjadi stres untuk menghadapi ujian.

Berikut ini ada beberapa tips atasi stres jelang ujian sekolah :

  • Jangan hanya membahas tentang ujian saja. Saat ujian sekolah tiba, sebaiknya orang tua tidak terlalu banyak membicarakan tentang ujian saja. Ajak anak mengobrol berbagai macam topik, sehingga anak tidak terpaku pada ujian yang akan membuatnya semakin stres. Misalnya : menanyakan sekolah lanjutan yang diinginkan dan teman-teman baru mereka nanti. Selain itu orang tua bisa memberikan semangat agar timbul kepercayaan diri dan keberanian yang tertanam dalam jiwa anak.
  • Jangan meletakkan harapan yang tinggi pada anak. Sebaiknya orang tua tidak memberikan tuntutan dan target yang sempurna pada anak, tetapi ajarkan pada anak bahwa keberhasilan ¬†akan tercapai melalui sebuah proses dan perjuangan.
  • Ajarkan cara membagi waktu dengan baik. Membagi waktu antara belajar dan bermain akan membantu anak mengurangi ketegangan jelang ujian sekolah tiba. Misalnya hari senin sampai jum’at digunakan sebagai waktu untuk belajar, sedangkan sabtu dan minngu untuk refreshing.
  • Jangan memarahi anak. Mengontrol emosi sangat baik agar kita tidak mudah memarahi dan mengatur anak sampai tidak ada waktu bermain bagi anak. Karena anak juga memerlukan ativitas lain selain belajar.

Nah, itulah tips atasi stres jelang ujian sekolah. Semoga bermanfaat.

Wassalam……

Post Comment