Wednesday, 24 October 2018
Lifestyle

Tips Belanja Hemat Bulanan Untuk Makanan

Tips Belanja Hemat Bulanan Untuk Makanan

Mahalnya kebutuhan pokok saat ini menuntut kita untuk pandai dalam mengatur keuangan, khususnya untuk belanja kebutuhan makanan sehari-hari. Jika kita pandai mengatur keuangan, otomatis akan membantu menghemat pengeluaran.

Berikut ini beberapa tips belanja hemat bulanan untuk makanan buat anda :

  • Catat semua bahan makanan yang diperlukan untuk menghindari pemborosan.
  • Buat catatan rencana menu mingguan . Dengan merencanakan menu makanan mingguan akan membantu memilih jenis bahan makanan dan menentukan jumlah yang akan dibeli saat belanja.
  • Selalu memeriksa stok makanan dalam kulkas. Sebaiknya menggunakan bahan makanan yang langsung habis, sehingga bahan makanan tidak tersisa.
  • Sebaiknya belanja bahan makanan di pasar tradisional, karena selain lebih segar harganyapun lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan belanja di supermarket atau pasar modern.
  • Memasak dalam jumlah sekali makan untuk menu keluarga. Hal ini akan menghemat energi, waktu dan biaya juga listrik dan gas yang digunakan saat memasak.
  • Buat variasi masakan. Dengan membuat variasi makanan anda dan keluarga tidak akan bosan dengan menu masakan sehari-hari dan bisa lebih berhemat. Misalnya tidak selalu dengan cara menggoreng saat memasak lauk, tetapi bisa dipanggang direbusatau dikukus. Selain menghemat minyak, memasak dengan direbus atau dikukus juga lebih sehat.
  • Belanja bahan makanan yang sering digunakan dan tahan lama dalam kemasan yang lebih besar. Dengan membeli bahan makanan dalam kemasan yang lebih besar akan karena lebih murah. Misalnya : Gula pasir, minyak goreng, garam, merica, ketumbar, kayu manis dan lain-lain. Hal ini otomatis akan membantu anda dalam berhemat.
  • Belanja buah dan sayuran segar saat musimnya. Saat musim buah dan sayuran akan berlimpah di pasar dan harganyapun murah. Manfaatkan moment ini untuk mendapatkannya, anda bisa menyimpannya di kulkas.

Nah, itulah tips belanja hemat bulanan untuk makanan, semoga bermanfaat.

Selamat mencoba !

 

Post Comment