Tuesday, 11 December 2018
Seputar Rumah

Tips Mudah Membersihkan Lantai Kayu

Tips Mudah Membersihkan Lantai Kayu- Untuk menghindari dari goresan bahkan melengkung lantai kayu harus rutin dibersihkan, penggunaan lap yang kasar dapat menggores kayu bahkan bisa merusak lantai kayu. Biasanya dalam membersihkan lantai kayu pada umumnya dengan menggunakan lap kering yang halus secara teratur, akan tetapi lebih baiknya bisa menggunakan air hangat. Berikut ini beberapa tips mudah membersihkan lantai kayu.

  • Menyapu lantai secara teratur. Untuk menghilangkan kotoran biasa dengan menggunakan lap pel yang kering pada permukaan lantai. Bersihkan setiap hari untuk menghilangkan debu dan kotoran. Walaupun lantai kayu anti gores akan tetapi kotoran yang berlebihan seperti rambut dan puing bisa menyebabkan goresan pada lantai jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Bisa juga menggunakan pembersih debu dan sikat yang halus. Jangan menggunakan sikat yang kasar karena bisa merusak permukaan lantai. Sapu sesuai arah lantai kayu agar setiap kotoran dapat terangkat yang terletak di antara alur dari potongan lantai kayu.
  • Bersihkan segera mungkin lantai kayu jika terkena tumpahan air , hal ini menyebabkan lantai kayu rusak jika terlalu lama. Gunakan lap kering untuk membersihkan lantai yang basah, kemudian jika terdapat noda gunakan lap yang basah lalu keringkan lantai kayu dengan lap kering. Sebaiknya gunakan lap yang lembut untuk membersihkan.
  • Untuk membersihkan lantai kayu yang terkena noda darah gunakan sedikit cairan pembersih jendela, lalu bersihkan dengan kain yang sudah direndam air hangat lalu keringkan, jangan tunda untuk membersihkan noda darah karena semakin lama noda ini sudah untuk dibersihkan. Gunakan kain microfiber yang tidak kasar.
  • Membersihkan lantai kayu jika terkena permen karet yaitu dengan mengikis noda tersebut dengan pisau plastik, jangan menggunakan pisau yang berbahan logam yang dapat menggores lantai tersebut, kemudian bersihkan dengan lap yang basah lalu keringkan.
  • Noda tinta, wine, soda dan crayon dengan menggunakan lap yang lembut dan lembab, jika noda terlalu bandel maka gunakan sedikit deterjen atau penghapus tinta, pastikan kembali bersih dan kering.
  • Jika terdapat noda lemak yang sudah mengeras, untuk membersihkan lantai kayu dengan kompres es sampai lemak mengeras, gunakan pisau plastik untuk mengkikis lemak, gunakan sedikit cairan pembersih jendela dan semprotkan pada area tersebut.
  • Untuk menghilangkan bekas telapak kaki atau bekas tumit dengan menggunkan pembersih pensil.
  • Pada area yang sering dilalui bisa dengan menggunakan karpet, letakkan karpet dan letakkan di atasnya.

Demikian tips mudah membersihkan lantai kayu, semoga bermanfaat.

Post Comment