Monday, 22 October 2018
Health

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu bagian tubuh kita yang sangat penting adalah mata, karena itu sudah seharusnya kita menjaga mata agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.  Dengan mata sehat yang kita miliki, kita bisa melihat keindahan dunia dengan segala isinya. Berbagai macam penyakit mata seperti : rabun, tidak bisa membedakan warna (buta warna) dan lain-lain bisa menyerang jika kita tidak menjaga kesehatannya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata yang perlu anda ketahui :

  • Hindari paparan sinar matahari. Teriknya matahari siang mengandung sinar Ultra Violet (UV) yang sangat berdampak buruk untuk mata. Sinar UV bisa menyebabkan penurunan penglihatan akibat gangguan pada pusat retina dan penyakit katarak. Untuk itu saat beraktivitas diluar pada siang hari sebaiknya memakai kaca mata dengan lensa gelap agar bisa menyaring sinar UV 100 %, sehingga mata bisa terlindungi. Selain itu anda juga bisa mengenakan topi untuk mengurangi dampak buruk sinar matahari.
  • Hindari polusi dan debu. Sebaiknya anda menghindari polusi dan debu, karena bisa menyebabkan infeksi mata. Selain melindungi mata dari bahaya sinar UV, memakai kacamata juga sangat berguna agar mata kita terlindung dari polusi dan debu. ¬†Anda juga bisa memakai helm yang berkaca saat beraktivitas diluar ruangan.
  • Mengkonsumsi cukup vitamin A. Vitamin A sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata. Pepaya, wortel, tomat dan alpukat sangat baik dikonsumsi untuk mencukupi asupan vitamin A. Wortel mengandung betakaroten yang penting untuk menjaga kesehatan mata.
  • Mengkonsumsi sayuran hijau tua. Sayuran hijau tua seperti brokoli dan bayam bermanfaat untuk mengurangi resiko pnyakit katarak.
  • Jaga jarak pandang. Jaga jarak pandang saat membaca, nonton TV, jug saat didepan komputer jangan terlalu dekat. Misalnya jarak ideal mata saat membaca 30 cm, sedangkan saat nonton TV jarak idealnya antara 50-100cm. Dengan jarak ideal ini sangat berguna untuk mengurangi resiko penyakit mata rabun.
  • Istirahatkan mata. Berlama-lama di depan TV atau menatap layar komputer akan membuat mata lelah. Untuk menghindari mata kering usahakan sesekali mengalihkan perhatian keluar ruangan atau dengan berkedip. Jika memang pekerjaan yang mengharuskan anda seharian didepan komputer, usahakan sering beristirahat misalnya tiap 1 jam atau 30 menit anda rileks sebentar barang 5 atau 10 menit. Anda bisa berjalan sebentar keluar ruangan.

Nah, itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat.

Wasalam….

Post Comment