Monday, 22 October 2018
Hobby

Trik Rangkaian Bunga Tetap Segar Tahan Lama

Trik Rangkaian Bunga Tetap Segar Tahan Lama- Elemen dekorasi yang hampir selalu ada adalah bunga pada setiap acara khusus atau istimewa. Bunga asli masih tetap menjadi pilihan walaupun bunga artifisial mirip dengan bunga asli. Bunga yang asli tetap disukai karena memiliki keistimewaan tersendiri dari segi keindahan, aroma dan warnanya. Akan tetapi bunga yang dirangkai biasanya memiliki keterbatasan usia yang lebih pendek, antara 2 sampai 4 hari saja bunga menjadi layu. Agar rangkaian bunga tahan lama dan awet kesegaranya ada beberapa trik yang perlu anda coba.rangkaian bunga

  • Pilih bunga yang memiliki batang yang kuat dan keras, buang batang yang lunak, karena batang tersebut pertanda akan layu.
  • Pilih bunga yang masih beraroma segar dan sedap, bagian bawah batang bersih, jangan pilih yang berwarna kecoklat- coklatan dan memiliki aroma tak sedap.
  • Pilih bunga yang memiliki susunan kelopak yang sempurna, biasanya ditutupi dengan cone kertas.
  • Kelopak bunga yang mekar setengah bisa menjadi pilihan, karena memiliki usia kembang yang lebih lama daripada bunga yang mekar sempurna.

Sebelum menempatkan dalam wadah atau menyimpan dalam wadah maka bunga perlu untuk dirawat agar lebih awet, yang tadinya bertahan 2- 4 hari maka rangkaian bunga ini akan bertahan 5- 7 hari, dalam hal ini jenis bunga juga sangat berpengaruh. Untuk perawatan ada beberapa trik

  • Masukkan air ke wadah atau ember, volume air harus cukup untuk merendam bagian bawah batang bunga, tingginya kira- kira 2 cm- 4 cm dari dasar wadah. Campurkan air dengan garam secukupnya dengan perbandingan 1/4 sendok teh garam untuk 200 ml air.
  • Sebaiknya buang daun yang tumbuh pada bagian bawah batang atau yang terendam dengan air, karena mudah membusuk dan merusak air.
  • Potong ujung batang yang tercelup air setiap harinya kira- kira 1 cm, potong dengan ujung miring agar daya serap air lebih luas. Gunakan gunting atau pisau khusus untuk memotong tanaman.
  • Ganti air jika sudah mulai keruh, jangan lupa bersihkan wadahnya juga, karena biasanya wadahnya berlendir dan kotor, jangan menggunakan sabun, cukup dilap dengan spon. Setelah itu masukkan air bersih seperti pada proses pertama.
  • Jangan letakkan pada lokasi yang terkena sinar matahari secara langsung, sebaiknya tempatkan pada udara terbuka akan tetapi terlindung dari sinar matahari.

Demikian trik agar rangkaian bunga lebih awet kesegarannya, selamat mencoba.

One Comment

Post Comment