Tuesday, 11 December 2018
Health

Vegetarian Pilihan Tepat Mencegah Kanker

Vegetarian Pilihan Tepat Mencegah Kanker

Di jaman modern seperti ini banyak orang menyantap makanan berupa fast food, atau makanan lain kaya daging, khususnya daging olahan dengan mentega atau margarine, telur, gula dan tepung. Makanan-makanan tersebut bisa berupa hamburger, hotdog, donat, pizza, ayam goreng amerika juga soft drink. Makanan-makanan tersebut umumnya mengandung zat yang dapat merangsang pertumbuhan kanker (bersifat karsinogenik). Pola makanan modern seperti itu lebih banyak memunculkan resiko penyakit kanker dan juga menimnbulkan penyakit akibat gangguan pembuluh darah atau hipertensi.

Bagi penyuka hidangan daging bisa meningkatkan timbunan senyawa pemicu kanker dalam tubuh. Apalagi daging yang dimasak bersama lemak seperti minyak goreng, mentega, margarin dan santan dalam waktu yang lama akan membuat resiko kanker lebih meningkat. Pemasakan akan menambah rusaknya lemak yang menghasilkan lemak hidroperoksida. Kegemaran menyantap sosis juga menimbulkan ancaman penyakit kanker, karena adanya senyawa nitrit, bila bergabung dengan lemak hidroperoksida, amina heterosiklikakan lebih cepat memicu kanker.

Saat sistem kekebalan tubuh dan timbunan antioksidan sedang menurun gabungan senyawa pemicu kanker akan lebih giat bekerja. Mengkonsumsi makanan atau minuman dengan gula berlebih seperti donat, cake, permen, tart, brownies dan soft drink biasanya sering dinikmati banyak orang yang dikombinasikan ketika menikmati fast food. Misalnya hamburger bersama es krim atau fried chicken dengan soft drink. Nah sering mengkonsumsi makanan dengan kombinasi seperti ini juga akan memicu timbulnya penyakit kanker.

Untuk mengatasi ancaman tersebut menjadi vegetarian adalah pilihan yang tepat dengan tetap mengkonsumsi keju alami atau natural cheese, telur organik atau telur ayam kampung, dan yoghurt tawar atau plain yoghurt. Menjalani vegetarian dengan aturan Food Combining akan memberikan jaminan masuknya banyak makanan yang kaya antioksidan yang meminimalkan resiko penyakit kanker. Selain itu buah-buahan dan sayuran segar, lemak sehat tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun extra virgin, padi-padian berkulit ari yaitu beras merah, beras putih tumbuk, beras jagung, jagung jali, dan oats sangat baik dikonsumsi pelaku vegetarian.

Pelaku vegetarian murni yang tidak memiliki pengetahuan nutrisi yang baik dan lalai mengatur asupan makanan juga sama sekali tidak makan apapun asal hewan, berisiko mengalami defisiensi zat besi, kalsium dan vitamin B12. Untuk menghindari hal itu pelaku vegetarian sehat sebaiknya menjalaninya dengan food combining vegetarian. Karena dalam menu Fc vegetarian masih ada menu telur organik atau telur ayam kampung, keju alami, yoghurt tawar dan minyak zaitun.

Meskipun demikian keragaman komposisi, dan kandungan gizi dalam makanan juga perlu diperhatikan. Beras merah sebagai pilihan sumber utama pati, atau  di hari lain bisa diganti dengan beras jagung dan lain-lain. Sebagai lauknya bisa dipilih tempe atau tahu, bisa juga dengan kacang hijau, kacang merah, dan kacang tolo. Lengkapi juga dengan menu biji-bijian lain seperti kenari, kacang tanah, kacang mete, biji labu, biji bunga matahari dan wijen.

Kacang-kacangan dan bibi-bijian  merupakan gudang vitamin B12, mangan, selenium, kalsium dan zat besi yang memperkaya nutrisi menu hidangan vegetarian.

Post Comment