Tuesday, 11 December 2018
Lifestyle

Waktu Paling Tepat Untuk Minum Kopi Yang Jarang Diketahui

Waktu Paling Tepat Untuk Minum Kopi Yang Jarang Diketahui

Banyak orang yang mengawali hari dengan menikmati secangkir kopi di pagi hari. Kopi terkenal dengan kandungan kafein yang cukup tinggi  yang bisa membuat mata ” melek”. Maka tak heran jika banyak orang menikmati kopi di pagi hari. Buat mereka pagi hari akan terasa “suram” jika tidak minum kopi. Tetapi tahukah anda  bahwa pagi hari bukanlah waktu yang tepat untuk minum kopi. Kenapa demikan ? Lalu kapan ya…  waktu yang paling tepat untuk minum kopi ?

  • Jam 09.30 pagi sampai jam11.30. Saat  meeting atau saat mendengarkan penjelasan dosen selama berjam-jam anda mulai kurang fokus atau kehilangan konsentrasi. Hal ini sangat wajar, karena tubuh sudah melewati fase hormon kortisol yang tinggi dari jam delapan sampai jam sembilan pagi. Ini berlaku buat anda yang terbiasa bangun jam enam pagi. Nah saat tubuh mulai kurang konsentrasi di jam 09.30 sampai jam 11.30 ini sangat tepat untuk diberi asupan kafein yaitu secangkir kopi. Dijamin membuat mata melek dan tubuh terasa fresh kembali hingga siang hari. Tetapi yang perlu diingat sebelum minum kopi anda harus sarapan terlebih dahulu supaya tidak sakit perut.
  • Jam 13.30 sampai jam 17.00. Setelah makan siang pasti perut terasa kenyang dan matapun menjadi ngantuk. Pada jam 12.00 sampai jam 13.00 hormon kortisol berada di titik tertinggi dan akan menurun lagi jam 13.30 sampai jam 17.00. Pada jam-jam ini rasanya ingin sekali untuk tidur karena rasa kantuk yang melanda. Tetapi itu tidak mungkin dilakukan ketika anda sedang bekerja bukan ? Untuk menghilangan rasa kantuk yang melanda coba anda nikmati secangkir kopi. Selain menghilangkan rasa kantuk, menikmati secangkir kopi di jam ini juga bisa membuat tubuh terasa segar kembali.

Dua waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk minum kopi selain pagi hari. Minum kopi sebaiknya dilakukan saat hormon kortisol sedang berada  pada titik tertinggi untuk mendapatkan efek yang maksimal.

Post Comment